7 Tips Jitu Membeli Laptop Baru Agar Tidak Rugi

Awas, jangan salah beli laptop ya...

Laptop adalah perangkat yang sangat compact untuk dapat dibawa ke mana-mana juga cukup fleksibel dipakai menjalankan aplikasi besar. Laptop jadi ‘alat’ terbaik membantu pekerjaan serius ataupun sekadar memainkan game. Dengan banyaknya jenis laptop pastinya susah memilih yang bagus.

Terlebih, setiap orang membutuhkan laptop untuk kepentingan yang berbeda-beda. Untuk membantu mendapatkan laptop terbaik, berikut 7 tips yang harus diketahui sebelum beli laptop baru. 

  1. Tentukan OS Atau Platform

Hampir semua laptop sekarang sudah dibekali dengan OS yaitu Windows, Chrome OS  dan MacOS (hanya untuk MacBook). Dari ketiga OS itu harus bisa menentukan OS yang cocok.

Windows (Windows 10) adalah OS yang sangat fleksibel dan selalu digunakan. Selain itu, ada Windows lainnya yang kisaran harganya berbeda-beda.

Untuk MacOS, lebih menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan Windows, tetapi hanya di perangkat saja dari Apple dan MacBook. Untuk keunggulan MacOS yaitu setiap tahun ada pembaharuan sistem operasi.

Terakhir Chrome OS, OS yang sangat sederhana juga aman, tetapi lebih terbatas dibanding Windows juga MacOS. Untuk yang suka kesederhanaan cocok sekali pakai yang ini tetapi laptop dengan OS ini sedikit sekali.

  1. Memutuskan Apakah Membutuhkan 2-In-1

Ada banyak laptop yang masuk kategori hybrid atau 2 in 1 yang dapat beralih dari mode clamshel jadi tablet. Perangkat hybrid ini ada dua jenis, pertama layar yang dapat dilepas dan engsel yang bisa diputar.

Putuskan apakah membutuhkan laptop yang punya dua fungsi perangkat tersebut. Kalau tidak, bisa pilih laptop tradisional saja agar  budget tidak habis, sebab perangkat hybrid ini mahal sekali.

  1. Pilihlah Ukuran Layar Yang Tepat

Sebelum menentukan spesifikasi laptop maka pilihlah dulu ukuran layarnya yang nyaman digunakan. Ukuran layar ini juga menentukan berat laptop jadi harus diperhatikan, untuk tahu ukurannya bisa lihat penjelasannya berikut ini.

  • 11 inci: ukuran terkecil pada laptop dan bobotnya 1,1kg. Laptop layar ukuran ini mudah sekali dibawa ke mana-mana, tetapi tidak cocok digunakan bermain game dan menonton film karena ukurannya yang terlalu kecil ini.
  • 14 inci: ukuran ini memberikan keseimbangan antara portabilitas juga fungsionalitas. Beratnya laptop ukuran 14 inci ini 1,8 kg dan cocok sekali dipakai menonton film dan bermain game.
  • 15 inci: inilah ukuran sangat populer sekarang ini dan bobotnya 2,4 kg. Laptop ukuran ini punya tombol keyboard lebih banyak juga resolusi layar lebih beragam. Laptop jenis ini cocok untuk pengguna yang tidak suka bepergian.
  • 17 inci: ukuran inilah yang terbesar dan tidak cocok dibawa bepergian karena berat. umumnya laptop ini dipakai untuk gaming dan juga untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat.
  1. Mengecek Touchpad Dan Keyboard

Spesifikasi tinggi tidak berguna kalau laptop yang dibeli keyboard dan juga touchpad tidak bagus. Kalau laptop digunakan untuk bekerja maka perhatikan keyboard apakah feedbacknya tactile, solid dan key travel nyaman atau tidak. Jika memang dibutuhkan pilih juga yang ada lampu backlight. Untuk touchpad pastikan punya akurasi kursor baik dan juga respons konsisten.

  1. Menyesuaikan Spesifikasi Dengan Kebutuhan

Ada 4 komponen yang penting sekali pada laptop, yaitu RAM, GPU, prosesor dan juga penyimpanan. Sesuaikan spesifikasi dari keempat komponen dengan kebutuhan, kalau mau lebih jelas bisa lihat ulasannya berikut ini.

  • Prosesor: Prosesor ini ada dua merk prosesor yaitu Intel juga AMD. Intel punya berbagai jenis prosesor dan yang direkomendasikan yaitu Core i5 (untuk level menengah), Core i3 (untuk level bawah), Core i7 (untuk level atas) dan juga Core i9 (untuk level sempurna). Untuk AMD, dapat pilih seri Cori FX, A atau E untuk level bawah dan Ryzen 4000 (sebanding i5 dan i7).
  • GPU: GPU dua merk yang dapat dipilih yaitu AMD dan Nvidia. Produk AMD yaitu Radeon RX yang ada di berbagai kelas. Nvidia merupakan merk terpopuler yang banyak produknya seperti MX (untuk kelas bawah sampai menengah), RTX (untuk gaming tanpa lag) dan GTX (gaming standar). Keduanya cocok untuk memainkan game, tetapi tergantung jenis permainan dan konfigurasi visual yang dipilih.
  • RAM: RAM merupakan komponen laptop yang tidak dapat diremehkan. Untuk kapasitas RAM minimal sekarang ini yaitu 4GB dan kapasitas idealnya yaitu 8GB. Bisa pilih 16GB untuk gaming dan performa multitasking. Untuk laptop ultrabook, gaming atau workstation bisa pakai 32GB dan 64GB.
  • Penyimpanan: Untuk penyimpanan bisa pakai HDD juga SSD. HDD adalah penyimpanan umum yang seringnya menawarkan kapasitas cukup besar tetapi kecepatan baca tulis masih standar. Kalau kapasitas bukan jadi permasalahan, pilih saja SSD yang punya kecepatan baca dan tulis sampai tiga kali HDD. Untuk performa pastinya lebih baik apa lagi untuk gaming direkomendasikan pakai penyimpanan SSD saja.
  1. Sesuaikan Daya Tahan Baterai

Laptop harus memiliki daya tahan baterai yang bagus. Kalau laptop akan dipakai untuk gaming di rumah tidak terlalu memikirkan baterai karena bisa diisi ulang kalau habis.

Kalau laptop selalu dibawa bepergian maka perlu memperhatikan daya baterainya sebab kalau sampai habis pastinya akan bingung. Sebaiknya kalau sering bepergian pakai saja laptop yang baterainya tahan sampai 8 jam saja.

  1. Sesuaikan Dengan Dana Yang Dimiliki

Kalau dulu harga laptop masih sangat mahal tetapi sekarang ini punya uang 3 juta saja sudah bisa dapat laptop. Agar tahu lebih jelas mengenai harga ini berikut penjelasannya.

  • 2 sampai 3 juta: Chromebook dengan basis Chrome OS dan laptop yang berbasis Windows low-end yang penyimpanan tidak banyak juga prosesor masih kelas bawah. Biasanya, laptop yang harganya seperti ini ukuran layarnya 11 inci, tetapi ada juga yang ukurannya 14 inci tetapi masih jarang sekali.
  •  4 sampai 6 juta: Umumnya laptop seharga 6 jutaan ini tidak memakai SSD, baterai masih boros dan tidak pakai layar FHD. Tetapi untuk prosesornya cukup baik dan Ram-Nya besar dan penyimpanan sampai `1TB, jadi tidak susah kalau dipakai.
  • 7 sampai 9 juta: Laptop harga ini termasuk kelas menengah karena sudah dilengkapi SSD dan layar FHD. Untuk prosesornya sudah Core i5 atau AMD Ryzen dan ada kartu grafis seperti AMD Radeon dan Nvidia. Jadi tidak terlalu jelek kalau membeli laptop dengan harga ini.
  • 10 juta ke atas: Laptop harga Rp10 juta adalah laptop premium yang punya spesifikasi sempurna. Seperti prosesor dari generasi terbaru, kartu grafis terbaik kuat untuk memainkan permainan berat, layar yang resolusinya lebih dari layar FHD dan juga baterai sangat awet.

Demikianlah ulasan tentang hal penting sebelum membeli laptop. Untuk informasi lengkap tentang laptop yang ingin dibeli, bisa baca review dan ulasan di situs reviewer laptop ternama seperti Hoki Komputer

Bagikan Berita Ini