Jika Anda seorang gamer, dan sudah membangun sebuah PC gaming, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengannya, dari mulai bersiap untuk terjun ke dalam gameplay kompetitif, hingga melakukan optimalisasi PC gaming Anda menggunakan perangkat lunak overclocking. Ada banyak cara menikmati PC baru Anda, sekaligus melakukan pengoptimalan perangkat PC.

Hal yang menarik dari mendapatkan PC gaming baru, baik dari Anda membeli, atau merakitnya sendiri adalah Anda pasti ingin mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh PC baru Anda. Anda bisa melakukan overclocking PC yang akan meningkatkan performa PC menjadi lebih cepat, atau Anda bisa memainkan kompetitif game untuk bersenang-senang.

Memainkan game High End yang hanya bisa dimainkan di PC spesifikasi tinggi. Set up streaming jika Anda tertarik menjadi Youtuber gamer, dan banyak kesenangan serta hal yang dilakukan oleh sistem PC baru.

Nah, di bawah ini kami memiliki beberapa rekomendasi berbagai hal menarik yang bisa Anda coba untuk PC gaming yang baru, atau coba Anda lakukan setelah membeli sebuah sistem PC gaming yang baru.

Masuki Dunia Gaming Kompetitif

Dunia gaming kompetitif adalah sebuah tempat gaming, berkompetisi dengan ribuan pemain lainnya, menguji kemampuan Anda melawan musuh yang kuat, meningkatkan peringkat Anda dalam game, dan juga bisa merasakan sisi lain dari game yang biasa Anda mainkan. Setelah Anda sudah mendapatkan game yang tepat yang ingin Anda coba, ada cara untuk mulai masuk dunia gaming kompetitif.

  • Latihan

Dalam dunia gaming kompetitif, terdapat tangga peringkat yang memotivasi Anda untuk terus berkembang menjadi lebih baik dari orang lain, karena itulah Anda harus berlatih. Alat, serta latihan dengan game tertentu akan membuat refleks yang lebih baik, serta membantu Anda memahami mekanik dari game tersebut.

  • Pelajari mekanik dengan cara menonton pro-player

Selain latihan mekanik dalam satu game tertentu, Anda juga bisa menonton pertandingan tim professional dalam bertanding game. Ada banyak kemampuan yang tidak bisa Anda dapat hanya dari latihan, karena itulah, dengan menonton pertandingan tim pro Anda bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi.

  • Coba Periferal Gaming

Periferal adalah segala keperluan perlengkapan gaming, seperti mouse, keyboard, dan headset. Berbagai game kompetitif memerlukan periferal yang kompetitif pula, seperti mouse dengan DPI (Dots per Inch) yang bisa Anda atur, Keyboard mekanik, headset gaming untuk mendengarkan lebih jelas serta berkomunikasi dengan teman satu tim Anda dengan sempurna.

  • Tingkatkan Monitor untuk refresh rate yang lebih tinggi

Permainan cepat dan taktis seperti: Counter Strike: Global Offensive dan Overwatch, monitor dengan refresh rate yang tinggi bisa memberikan Anda keuntungan, karena informasi visual ditampilkan dengan lebih cepat, akurat, dan secara langsung, meningkatkan waktu reaksi Anda dan melatih refleks Anda.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam merakit PC gaming, terutama untuk bermain game kompetitif adalah kemampuan CPU dan GPU Anda. Untuk bermain game, terutama game yang berat dan kompetitif, diperlukan kemampuan komputer yang memberikan frame rate tinggi, setidaknya 60 FPS stabil, jika tidak game akan tidak lancar, dan menimbulkan lag.

Pastikan juga untuk frame rate juga setara dengan refresh rate monitor Anda sehingga tidak menimbulkan screen tearing, atau stuttering. Untuk belajar lebih lanjut, cara menyesuaikan refresh rate, dengan FPS, serta menyusun CPU, GPU yang setara, Anda bisa pelajari disini.

Go Live

Anda bisa juga memulai menjadi seorang streamer gaming. Layanan streaming memungkinkan Anda untuk bisa menyiarkan sasi gaming Anda ke seluruh dunia, memungkinkan siapa saja, termasuk teman-teman Anda untuk melihat Anda bermain game. Streaming juga menjadi satu cara untuk berinteraksi sosial untuk sesama gamer, serta mengembangkan komunitas game tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bersiap streaming, pertama tentu saja Anda memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat, untuk mempercepat waktu unggah Anda, dan kuat untuk menggunakan perangkat lunak streaming, seperti Open Broadcast software. Anda juga mungkin akan perlu menyiapkan mic dan webcam, terutama untuk mengobrol dengan penonton Anda.

Untuk menyiapkan PC streaming, Anda perlu memilih komponen PC yang tepat, serta dengan spesifikasi yang tinggi.

Prosessor yang diperlukan haruslah menggunakan prosesor Multi-core dengan kecepatan tinggi, ini diperlukan karena streaming akan membutuhkan pengerjaan sistem, dan multi-tasking yang tinggi, mulai dari streaming video definisi tinggi, mengunggah, dan menjalankan game di waktu yang sama. Tanpa menggunakan prosesor multi-core yang cepat, maka akan sulit menjalankan tugas pada CPU.

Selain itu, Anda juga akan perlu menggunakan kartu Grafis yang memiliki kecepatan tinggi, V-ram yang lebih besar, serta seri yang lebih bagus. Untuk streaming, setidaknya diperlukan kartu grafis GT-1060 atau kartu grafis yang setara untuk bisa memulai streaming game.

Jadi Pengguna Tingkat Lanjut

Pengguna tingkat lanjut artinya Anda mengonfigurasikan PC Anda, menggunakan berbagai perangkat lunak untuk menjalankan sistem Anda dan menyempurnakan segala kinerja perangkat Anda, baik menggunakan sistem perangkat lunak baru, dan mengkustomisasi sistem operasi PC untuk memberikan pengalaman desktop yang lebih lancar dan bisa Anda personalisasi sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk sempurnakan lingkungan operasi PC Anda, mulai dari meluncurkan aplikasi dengan widget dan tombol, kustomisasi desktop Anda dengan wallpaper Engine, visualizer musik, dan efek animasi, install segala perangkat lunak, gunakan software untuk menjalankan tugas dengan lebih efisien.

Uji Sistem Baru Anda

Hal pertama yang banyak dilakukan untuk PC gaming baru adalah untuk menguji sistem PC baru, dengan utilitas benchmarking untuk mendorong serta menguji kemampuan PC Anda hingga batasnya. Ada beberapa cara, seperti menguji komputasi berat, dan melakukan beban kerja berat untuk PC Anda, dan Anda bisa memberi nilai berapa tangguh build PC Anda dalam benchmarking.

Contoh yang bisa Anda perbuat seperti melakukan uji responsivitas sistem, uji stress pada CPU dengan memberikan kinerja komputasi berat benchmarking, peringkat performa grafis yang bisa dilakukan komputer Anda, coba lakukan rendering video, membandingkan kecepatan memori dan juga penyimpanan.

Benchmark Game

Cara lain untuk menguji seberapa tangguh PC Anda dalam mengatasi kinerja berat adalah dengan melakukan benchmark pada game-game AAA, grafis tinggi, dan mencari tahu seberapa banyak FPS yang Anda dapatkan dalam bermain game tersebut.

Beberapa game dengan grafis tinggi yang biasa digunakan untuk benchmark PC gaming terbaru adalah Assasin’s Creed Odyssey, Horizon Zero Dawn, Red Dead Redemption 2, dan Elden Ring.

Semakin lancar performa bermain game, dan semakin banyak FPS yang didapatkan oleh pc Anda, maka semakin bagus pula skor yang PC Anda dapatkan dalam benchmark game tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba benchmark game dengan menggunakan settingan paling tinggi dari game tersebut, Ultra High dan mencari tahu berapa FPS yang akan didapatkan oleh PC gaming Anda.

×