Saat Anda merakit PC, salah satu hal yang perlu diperhatikan yakni pendingin PC. Sebab pendingin PC menjadi komponen penting dalam merakit PC, khususnya di bagian integral.

Apalagi ketika Anda menggunakan PC untuk bermain game atau membuka program yang berukuran besar, maka hal ini akan menyebabkan panas di perangkat yang kita gunakan.

Komponen komputer yang mengalami panas berlebih justru bisa mengakibatkan berbagai masalah kinerja. Oleh sebab itu, saat merakit PC hal terpenting adalah memperhatikan pendingin PC dan memilih pendingin yang terbaik agar komputer kamu bisa beroperasi dengan optimal.

Merakit Pendinginan PC: Pentingnya Menjaga PC Anda Tetap Dingin

Apakah panas yang dihasilkan komputer dapat berpengaruh terhadap performa komputer? Tentu saja jawabannya iya.

Sebab panas yang dihasilkan komputer merupakan hal yang tidak bisa dihindari dari penggunaan perangkat keras. Namun terlalu banyak perangkat keras mengeluarkan panas, maka bisa memperlambat semua sistem yang ada di komputer Anda.

Ketika suhu CPU terlampau tinggi, maka mekanisme tersebut akan memicu kinerja yang perlu dikurangi agar terhindar dari kerusakan pada prosesor.

Sebab CPU menghasilkan sebuah fitur manajemen termal yang kokoh dan bisa dengan cepat menyesuaikan operasi agar mengurangi daya, khususnya ketika pendingin tidak cukup untuk menghilangkan panas.

Ini adalah sebuah mekanisme keselamatan yang dimiliki oleh CPU yang berguna untuk melindungi prosesor dari kerusakan. Perlindungan ini akan mempengaruhi kinerja komputer ketika aktif.

Saat ini banyak laptop atau komputer yang menggunakan prosesor Intel Core. Sebab prosesor ini memiliki fitur Dynamic Tuning yang bekerja dengan AI yang akan membantu memprediksi beban kerja.

Teknologi ini mampu menurunkan atau meningkatkan kinerja CPU yang diperlukan. Semua hal yang dilakukan ini yakni otomatis dilakukan oleh komputer.

Bagaimana Cara Menjaga Prosesor Tetap Dingin?

Membuat CPU tetap dingin tentu bisa dengan beberapa cara. Mulai dari minyak mineral dan menggunakan pendingin pasif. Namun solusi yang paling banyak dilakukan adalah memilih pendingin udara atau cair.

Kedua jenis pendingin ini memberikan fitur canggih. Bahkan laptop menggunakan sistem pendingin udara yang lebih canggih dan bentuknya lebih kecil namun dirancang agar tidak sering diganti.

Tidak hanya CPU, GPU juga membutuhkan manajemen suhu. GPU merupakan komponen penting di dalam sebuah PC yang digunakan untuk bermain game.

Pendingin GPU biasanya telah dipasang dan terdiri dari kipas yang terpasang di selubung. Selain itu juga tersedia blok pendingin cairan yang bisa disesuaikan.

Suhu CPU dan GPU harus menjadi prioritas, sebab ini merupakan pusat pemrosesan utama untuk PC khususnya untuk bermain game.

Semua komponen komputer yang membutuhkan listrik, pasti akan menciptakan panas. Namun sebagian sudah memilik sistem pendingin otomatis.

Menjauhkan panas dari komputer tentu saja bukan cara yang mudah. Apalagi jika ada komponen yang terus menyebarkan panas ke area yang lebih kecil. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan beberapa masalah dan kinerja komputer menjadi lamban.

Pendinginan PC: Pentingnya Menjaga PC Anda Tetap Dingin pada Aliran Udara

Casing PC bisa mempengaruhi aliran udara. Sebab dengan penempatan kipas yang tepat, akan memberikan aliran udara ke perakit. Saat ini banyak casing yang sudah dilengkapi dengan kipas.

Setiap kipas PC memiliki ukuran dan desain yang berbeda. Hal ini juga memperhitungkan kedalaman, level suara, ukuran dan pertimbangan nilai estetika.

Semua model kipas PC memiliki tujuan yang sama. Misalnya kipas tekanan statis bisa digunakan untuk menggerakkan udara yang kecil di dalam jarak yang lebih pendek, misalnya lewat heatsink.

Hal yang perlu diingat adalah kipas akan menarik udara, jadi semua jaringan kabel, stiker, merek atau pelindung akan terpasang di belakang kipas. Sisi ini merupakan sisi yang tepat untuk mengeluarkan udara.

Berikut ini beberapa aliran udara di dalam PC yang perlu Anda ketahui:

  • Aliran Udara Positif

Jika kipas PC menyedot banyak udara dibanding yang ditiupkan, maka kipas akan memberikan tekanan positif di dalam casing PC. Jadi saat kipas meniupkan banyak udara dibandingkan menyedot, maka hasilnya negative.

Jika sistem di PC Anda memiliki tekanan negatif, maka udara akan ditarik lewat ventilasi dan celah kecil pada casing. Justru hal ini juga menyebabkan debu di sekitarnya ikut tertarik. Artinya Anda harus sering membersihkan kipas agar bisa berjalan dengan optimal.

Konfigurasi pada tekanan positif bisa membantu untuk mengontrol debu. Sebab udara akan keluar didorong melalui ventilasi dan casing. Debu bisa dibawa udara yang masuk melalui kipas.

Namun jika Anda menempatkan filter di tempat yang tepat, maka debu bisa terhalang dan Anda akan jarang membersihkan casing PC.

  • Aliran Udara Ideal

Tekanan positif bisa memaksa kipas PC bekerja dengan bertentangan satu dengan lainnya ketika mendorong udara masuk ke dalam ruang. Anda bisa lakukan konfigurasi ideal agar memberikan penekanan di tekanan positif agar mencegah debu yang masuk dan menumpuk.

Penggunaan casing tertentu bisa mempengaruhi aliran udara agar lebih ideal. Jika Anda mempelajari sistem aliran udara, maka Anda bisa menemukan casing yang tepat untuk PC Anda.

Faktor yang Mempengaruh Suhu

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi suhu sistem komputer Anda yang menyebabkan panas berlebih. Berikut ini rangkumannya:

  • Penempatan Hardware

Anda perlu mempertimbangkan perangkat keras yang dipasang pada motherboard. Contohnya ketika Anda menempatkan SSD M.2 tepat di bawah GPU, maka hal ini tidak ideal sebab Anda menempatkan perangkat di jalur udara panas yang akan keluar dari GPU.

  • Manajemen Kabel

Anda juga harus memastikan kabel sudah disusun dengan benar, hal ini akan mencegah beberapa hal yang membuat aliran udara yang tersumbat.

  • Kebersihan

Jika di sekitar PC Anda terdapat banyak debu, maka hal ini bisa berpengaruh dan menyebabkan banyak masalah. Anda bisa membersihkannya dengan membuka casing PC dan bersihkan semua debu.

  • Suhu Kamar

Suhu ruang yang tinggi bisa berpengaruh terhadap panas yang dikeluarkan oleh PC. Jika Anda menyalakan AC terus menerus, PC Anda akan sedikit mengeluarkan panas.

Namun menggunakan AC terus menerus juga bukanlah cara praktis. Oleh sebab itu Anda membutuhkan pendingin sebagai solusi agar PC Anda bisa tetap dingin selama digunakan.

Pendinginan PC: Pentingnya Menjaga PC Anda Tetap Dingin

Pendingin PC yang tepat bisa membantu Anda menyusun sistem di komputer Anda. Anda bisa mengikuti panduan diatas untuk merakit PC Anda.

Sebab pengaturan pending akan bekerja menjaga semua komponen yang ada di dalam perangkat keras terutama pada sistemnya. Pendingin ini akan mengatur temperature dan berpengaruh terhadap kinerja komputer.

Anda perlu memilih pendingin yang tepat dan cocok digunakan PC kamu dengan mempertimbangkan berbagai hal.

Jika Anda ingin rakitan komputer yang bagus, maka Anda bisa mencari komponen kipas pendingin terbaik agar membuat komputer Anda bekerja dengan optimal dan meminimalisir debu yang masuk.

×