Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6? Wi-Fi 6 merupakan teknologi terbaru yang menjanjikan perubahan jaringan nirkabel pada semua tempat. Segera dapatkan jawaban dari pertanyaan mengenai fitur dan peningkatan terbaru.

Fokus utama:

  • Wi-Fi 6 merupakan peningkatan yang substansial dibanding pendahulunya dan merupakan iterasi paling baru protokol jaringan Wi-Fi.
  • Wi-Fi 6 bisa menjadi sangat cepat dikarenakan teknologi terbaru seperti OFDMA, penentuan prioritas lalu lintas dan juga beamforming.
  • Protokol terbaru ini telah memakai teknologi enkripsi terbaru seperti SAE dan lebih aman juga.
  • Perangkat yang sudah menggunakan Wi-Fi 6 bisa memanfaatkan peta frekuensi yang lebih baru yaitu 6 GHz untuk konektivitas lebih bagus.
  • Wi-Fi 6 sekarang telah menjadi standar baru, meningkatkan perangkat keras yang kompatibel bisa memberikan banyak manfaat.

Belakangan ini, kita makin sering menjalankan aktivitas online daripada offline, aktivitas tersebut mudah jalani karena ada bantuan internet nirkabel. Versi terbaru dari teknologi yang satu ini adalah Wi-Fi 6 yang disebut juga 802.11ax.

Apa Pengertian Wi-Fi?

Kata Wi-Fi yang menciptakan adalah sebuah organisasi nirlaba Wi-Fi Alliance dan organisasi ini lebih mengacu pada jaringan nirkabel berbasis standar jaringan IEEE 802.11. Teknologi ini sudah ada sejak tahun 90an, kalau untuk jawaban Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6? merupakan teknologi Wi-Fi terbaru.

Bagan Protokol Jaringan

 

Generasi/Standar IEEE Frekuensi Linkrate Maksimum Tahun
Wi-Fi 4 (802.11n) 2,4/5 GHz 72-600 Mbit/dtk 2009
Wi-Fi 5 (802.11ac) 5 GHz 433-6933 Mbit/dtk 2014
Wi-Fi 6 (802.11ax) 2,4/5 GHz 600-9608Mbit/dtk 2019

Agar terlihat perbedaan yang jelas di antara generasi Wi-Fi, organisasi yang menciptakan istilah ini membuat penamaan yang lebih mudah dimengerti dengan cara menghilangkan kata 802.xx untuk akhiran nama.

Apa Yang Berbeda Dengan Wi-Fi 6?

Wi-Fi 6 merupakan upgrade dari generasi sebelumnya, meskipun terdapat perbedaan tetapi tidak terlalu terlihat di mata pengguna. Perubahan ini akan meningkatkan inkremental yang menumpuk sehingga bisa menyebabkan peningkatan yang cukup substansial.

Kecepatan Lebih Tinggi

Wi-Fi lebih cepat berarti kecepatan mengunduh ataupun mengunggah akan lebih tinggi sebab ada peningkatan bandwidth yang Wi-Fi 6 tawarkan. Hal tersebut jelas membantu pengguna sebab saat ini ukuran file semakin bertambah besar dan juga bermain game online juga bisa lebih lancar dengan menggunakan Wi-Fi 6 ini karena koneksi internet menjadi lebih stabil.

Jadi, Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6? Dan secepat apa?

  • Throughput maksimum yang ditawarkan Wi-Fi 6 bisa mencapai 9,6 Gbps di berbagai saluran. Jika menggunakan Wi-Fi 5 tidak mungkin sebesar itu karena maksimalnya hanya mencapai 3,5 Gbps saja.
  • Kecepatan koneksi jauh Wi-Fi 5. Jika Wi-Fi 6 maka kecepatan transfer datanya jauh lebih tinggi mulai dari penggunaan cerdas spektrum nirkabel dan juga enkode data yang jauh lebih efisien.
  • Wi-Fi 6 bisa menghasilkan latensi 75% lebih rendah. Hal ini dapat dicapai karena sejumlah besar lalu lintas jaringan telah ditangani secara efisien.
  • Sinyal nirkabel dan juga kabel menjadi dekat dengan paritas karena Wi-Fi 6. Hal tersebut bisa membuat pengguna tidak lagi merasa kesusahan saat akan menghubungkan modem dengan kabel.

Kenapa Wi-Fi 6 Bisa Lebih Cepat?

Semua masyarakat pastinya sudah memasang perangkat yang berkemampuan Wi-Fi lebih bagus dibandingkan perangkat di 5 tahun sebelumnya. Penggunaan Wi-Fi 6 lebih efisien sebab mampu berkomunikasi jauh lebih baik dengan banyak perangkat yang memang memerlukan data dalam waktu yang bersamaan.

OFDMA atau Orthogonal Frequency Division Multiple Access merupakan cara terbaik meraih hal ini. OFDMA bisa bekerja dengan cara membagi sejumlah kanal jadi beberapa supplier dan juga memungkinkan transmisi ke sejumlah perangkat di waktu yang sama. Router Wi-Fi 6 bisa mengirimkan sinyal berbeda dengan jendela transmisi sama.

OBSS atau Overlapping Basic Service Sets merupakan fitur yang ada di Wi-Fi 6 yang bisa akan membantu meningkatkan kemacetan jaringan. Kalau versi lama, perangkat akan berusaha terhubung ke jaringan harus mendengar dulu sebelum mentransmisikan. Kalau ada Deru dikenal maka harus menunggu terlebih dahulu hingga kenal tersebut bersih sebelum mentransmisikan supaya bisa terhindar dari interferensi potensial.

Beamforming merupakan teknologi yang mampu meningkatkan Wi-Fi 6 agar kecepatannya bisa maksimal. Teknologi ini tidak menyiarkan data ke seluruh arah tetapi hanya mendeteksi perangkat yang meminta aliran data dan router akan mengirimkan data ke perangkat tersebut saja.

Manfaat Jaringan Selain Kecepatan

Masyarakat banyak yang bertanya Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6? Dan juga apa manfaatnya? Manfaat jaringan ini bukan hanya kecepatannya saja tetapi juga menjanjikan sistem keamanan yang cukup baik.

WPA3

WPA merupakan protokol keamanan yang memakai kata sandi untuk enkripsi, WPA2 dulu masih sering digunakan tetapi sejak adanya Wi-Fi 6 sudah tidak lagi dipakai. Sejak munculnya Wi-Fi tersebut sistem keamanan sudah menggunakan sistem SAE, teknologi ini bisa membuat kata sandi yang lebih sulit sehingga peretasan jadi mustahil

TWT dan Daya Tahan Baterai

Target Wake Time yang ada di Wi-Fi 6 mempunyai kemampuan meningkatkan ketahanan baterai di beberapa perangkat. Teknologi tersebut bisa membuat komunikasi menjadi efisien antara perangkat dan router yang menyangkut waktu bangun dan harus tidur. Hal tersebut nantinya bisa menambah kemampuan daya tahan baterai.

Apa Itu Wi-Fi 6?

Sebagai tambahan teknologi Wi-Fi 6 sekarang asa yang baru yaitu Wi-Fi 6E. Perangkat yang tadinya hanya bisa memakai frekuensi 2,4 GHz dan juga 5 GHz, sekarang sudah bisa di frekuensi 6 GHz. Hal tersebut bisa membantu meringankan gangguan lalu lintas dan kemacetan perangkat.

Perangkat yang memakai Wi-Fi ini tidak banyak jadi kalau ingin menggunakan tinggal cek dulu perangkat yang mau dipakai mendukung atau tidak.

Apa yang dibutuhkan Supaya Wi-Fi 6 Bekerja?

Berikut ini yang harus dipertimbangkan saat mau pakai Wi-Fi 6:

  • Apakah router milik Anda mendukung Wi-Fi 6? Banyak pabrik yang menawarkan router tetapi tidak semua mendukung jadi pilih yang mendukung saja.
  • Apakah perangkat yang Anda gunakan mendukung Wi-Fi ini? ANDA juga tidak boleh asal pakai perangkat karena tidak semuanya mendukung, sebaiknya pakai perangkat yang teknologinya baru saja.
  • Apakah komputer Anda mendukung? Komputer yang bisa dipakai hanyalah komputer yang mempunyai CPU Intel® Generasi terbaru saja dan juga mempunyai motherboard kompatibel.

Kalau ingin cari solusi Wi-Fi 6 Gig+ untuk main game maka lihat dulu kartu Wi-Fi 6 Killer® Wi-Fi 6 AX1650 ini yang sudah dirancang mampu bekerja sama dengan intel. Ingat kalau ingin leluasa pakai Wi-Fi ini carilah perangkat yang sudah ada label terkait.

Apakah Ini Waktu Tepat Meningkatkan Wi-Fi?

Penggunaan Wi-Fi 6 dan 6E membuat kecepatan menjadi tinggi lalu lintas jadi makin baik dan juga keamanan tambahan. Untuk Anda yang suka bermain game atau streaming video sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti Wi-Fi lama dengan versi 6 ini dan jangan lupa cari juga informasi Apa yang Dimaksud Dengan Wi-Fi 6?

×