Ketika Anda membeli atau merakit PC untuk gaming, pastinya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan. Salah satu hal terpenting untuk PC gaming yakni penyimpanan.

Banyak sekali pertanyaan terkait SSD atau HDD yang berpengaruh terhadap performa bermain game. Banyak juga pertanyaan bagaimana SSD memengaruhi gaming dan apa saja manfaatnya selain bisa mempercepat waktu boot.

Agar bisa menjawab semua pertanyaan terkait penyimpanan PC ini, maka kita harus mengetahui dasar-dasarnya agar kita bisa menentukan jenis penyimpanan apa yang paling tepat.

Apakah Kapasitas Penyimpanan itu Penting?

Kapasitas merupakan spesifikasi yang pasti tercantum ketika Anda melihat drive penyimpanan di toko komputer. Kapasitas menjadi pertimbangan utama jika Anda ingin merakit PC gaming.

Sebab Anda akan membutuhkan ruang dengan jumlah yang cukup signifikan ketika bermain game menggunakan PC modern. Semakin berkembang ukuran game, maka memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Lalu mengapa instalasi game terus meningkat? Sebab banyak game yang menghadirkan resolusi tinggi, seperti adanya tekstur 4K yang membutuhkan memori penyimpanan lebih besar.

Tekstur dengan resolusi yang sangat tinggi membutuhkan ruang penyimpanan lebih banyak. Tekstur 4K sendiri bisa membutuhkan ruang sebanyak 10,6 sampai 20,3 MB.

Setiap game memiliki cara yang berbeda dalam mengkompresi audio, video dan aset seni. Dengan dekompres aset, maka hal ini akan menambah pekerjaan CPU. Hal inilah yang membuat banyak developer menggunakan aset yang tidak terkompres dan hal ini berpengaruh terhadap game yang berjalan lancar di perangkat yang spesifikasinya lebih rendah.

Untuk memilih kapasitas penyimpanan, sebenarnya hal ini tergantung dari game yang Anda mainkan. Misalnya Anda memainkan game AAA yang pasti membutuhkan kapasitas yang sangat besar.

Apalagi jika Anda menggunakan Windows 10 yang harus menggunakan ruang hingga 20 GB untuk gaming. Bahkan memori ini bisa hampir penuh hanya dengan install salah satu game AAA.

Kembali lagi saat Anda memilih kapasitas ruang penyimpanan karena hal ini tergantung preferensi pribadi Anda. Jika Anda menginginkan PC yang lancar tanpa ngadat untuk bermain game, maka Anda harus membeli ruang penyimpanan yang cukup besar.

Apalagi jika Anda memiliki banyak koleksi game yang pasti membutuhkan ruang sangat besar agar bisa menyimpan semuanya.

Bermain Game dengan HDD dan SSD

Berbicara tentang bagaimana SSD memengaruhi gaming, jawabannya yakni SSD memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan HDD khususnya untuk bermain game.

Sebab SSD memiliki keunggulan metric performa yaitu pada kecepatan tulis atau baca secara acak serta adanya keandalan dari keseluruhannya. Berikut ini beberapa perbedaan yang Anda rasakan jika bermain game dengan HDD atau SSD:

  • HDD

HDD merupakan ruang penyimpanan yang menggunakan komponen bergerak. Struktur HDD didalamnya menggunakan lengan actuator yang bergerak dan membentuk trek sirkular di piringan yang berputar agar bisa menyimpan atau mengambil data.

Waktu pencarian mulai dari lengan sampai latensi rotasi di piringan, HDD memiliki beberapa waktu untuk membaca atau menulis secara acak dengan lebih lambat dibanding SSD.

Jadi saat Anda bermain, penundaan atau waktu inilah yang bisa membuat Anda menunggu lebih lama agar bisa memuat aset game. Selain itu kondisi lain yang mungkin Anda alami yakni terputus-putus atau tersendat.

  • SSD

SSD merupakan sirkuit terintegrasi yang berjalan tanpa komponen bergerak. Penyimpanan ini tidak menggunakan media magnetic dan kebanyakan SSD justru menggunakan memori flash NAND.

Memori inilah yang memungkinkan adanya kecepatan tulis atau baca yang lebih unggul serta latensi yang jauh lebih rendah dibandingkan HDD. Lalu bagaimana SSD memengaruhi gaming?

Tentu saja saat Anda meningkatkan penggunaan HDD ke SSD dengan performa tinggi, maka Anda bisa langsung merasakan manfaatnya. PC Anda bisa lakukan boot jadi lebih cepat dan game dimuat dengan lebih cepat.

Sendatan yang mungkin Anda alami saat game mengambil aset dari penyimpanan akan lebih jarang.

  • Memori Intel Optane

Berbeda dengan SSD tradisional, Memori Intel Optane memanfaatkan media lebih bagus lagi. Dibandingkan flash NAND, pengujian memori intel lebih baik dalam tulis atau baca dan memiliki keunggulan latensi lebih cepat.

Perangkat penyimpanan ini menggunakan teknologi Optane agar mempercepat akses ke aplikasi dengan menggunakan software yang menghasilkan pemuatan menjadi lebih cepat.

Manfaat SSD untuk Bermain Game

Berbicara tentang bagaimana SSD memengaruhi gaming, ada beberapa manfaat yang bisa langsung dirasakan ketika menggunakan SSD dalam PC gaming. Berikut ini manfaat bermain game dengan SSD:

  1. Waktu untuk Boot OS Lebih Cepat.

Saat Anda menginstal SSD maka waktu tunggu akan lebih sebentar untuk sistem operasi komputer Anda sebelum memulai bermain game. PC yang baru dengan menggunakan SSD akan melakukan boot lebih sering dalam waktu sebentar dibandingkan HDD.

  1. Waktu Muat Lebih Cepat

Hal yang paling membedakan antara SSD dan HDD yakni waktu yang dihabiskan saat menunggu game ketika dimuat. SSD bisa menghemat beberapa menit saat waktu muat di setiap sesi permainan.

  1. Permainan Lebih Lancar

Beberapa game akan melakukan ribuan operasi tulis dan baca ketika Anda bermain, hal ini mengakibatkan transfer data dengan jumlah yang sangat banyak.

Dengan melakukan peningkatan menggunakan SSD juga tidak akan meningkatkan FPS, namun bisa menghasilkan peningkatan pada beberapa judul game dengan tekstur atau area yang lebih luas.

Dahulu developer game kesulitan karena terbatasi kemampuan HDD. Sebab judul game lintas platform harus menggunakan konsol yang dibatasi oleh HDD. Hal ini membuat developer tidak bisa memanfaatkan kecepatan pada SSD.

Namun generasi saat ini bisa mengubah hal itu dan menggunakan SSD NVMe. Banyak teknologi yang memungkinkan game bisa membuat permintaan I/O menjadi lebih luas misalnya DirectStorage API yang dimiliki Microsoft.

Hal ini menunjukkan bahwa dunia game menjadi lebih luas dan lebih banyak, terutama dalam objek pandangan. Perkembangan inilah yang dikarenakan oleh alokasi aliran aset yang menjadi lebih besar.

Ada beberapa bagian level yang dirancang khusus agar memperlambat pemain dan mungkin tidak akan diperlukan lagi agar menutupi pemuatan tekstur di zona baru.

Perkembangan teknologi ini menjanjikan di masa depan bahwa NVMe memiliki keunggulan yang bisa dimanfaatkan dengan baik serta memiliki dampak yang cukup signifikan untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Cara Memilih SSD untuk Bermain Game

Untuk memilih SSD yang tepat untuk bermain, maka Anda bisa menginstal drive NVMe seperti Intel SSD dengan Seri 665p (1-2 TB) yang akan memberikan dampak paling nyata saat Anda bermain game.

Jadi bagaimana SSD memengaruhi gaming yakni bisa meningkatkan dan memastikan kompatibilitas menggunakan teknologi terbaru yang bisa meningkatkan pengalaman gaming Anda jadi lebih jauh.

Meskipun GPU dan CPU merupakan kunci rakitan PC, namun memilih SSD yang tepat juga hal yang sangat penting.

×