Jika Anda berniat untuk merakit PC khusus gaming, pastinya terdapat budget sebuah graphic card dan prosesor yang perlu diperhatikan. Kedua  komponen tersebut memang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap performa PC untuk Gaming.

Akan tetapi untuk komponen motherboard tidak boleh di lupakan begitu saja. Motherboard mempunyai peran yang sangat penting di dalam sebuah PC Gaming, mulai dari ukuran form factor (mini ITX,M-ATX atau ATX) socket (Intel LGA 1151 atau AMD AM4) sampai dengan Chipset (Z390,H370,X470 atau B450).

Beberapa hal tersebut akan memberikan pengaruh besar ketika kamu memilih sebuah prosesor, RAM, Casing dan komponen lainnya ketika proses membangun sebuah PC. Motherboard dan beberapa socket pada prosesor pada generasi yang terakhir akan di kenakan biaya kurang lebih Rp.600.000,00 sampai dengan Rp.10.000.000,00.

Ada beberapa hal yang dapat mempermudah kamu dalam membeli motherboard. Untuk panduan dan lengkap nya mari kita langsung saja telusuri faktor-faktor yang perlu di perhatikan dalam membeli motherboard.

Panduan Singkat Membeli Motherboard

  1. Memilih Chipset Motherboard dan Socket

Saat ini untuk pilihan socket dan chipset pada motherboard memiliki dua pilihan prosesor yang disesuaikan dengan kebutuhan socket pada setiap komputer. Kebutuhan socket ini ada dua yaitu Intel dan Amd.

Untuk kamu yang ingin menggunakan prosesor Intel generasi ke 8 maka kamu membutuhkan motherboard dengan socket LGA 1151 V2 dan menggunakan chipset H310,B360mZ370. Ketika kamu ingin menggunakan prosesor AMD Ryzen maka kamu perlu motherboard dengan ukuran socket AM4 dan menggunakan chipset A320, B450, B350, X370 dan X470.

  1. Pilih Ukuran Motherboard

Tiga ukuran utama pada motherboard yaitu ATX untuk yang paling besar, Micro ATX untuk ukuran sedang dan untuk Mini-ITX adalah ukuran yang paling terkecil.

Semakin besar ukuran dari sebuah motherboard maka semakin banyak pula untuk expansion slot yang bisa kamu pergunakan, mulai dari slot PCI Express, slot DIMM RAM slot M2, konektor fan dan lain-lainnya.

  1. Memilih Harga Di Bawah 1.000.000

Para kalangan budget builder maka kamu perlu membeli harga motherboard yang murah di bawah Rp.1.000.000,00 menjadi sebuah pilihan utama. Akan tetapi untuk builder yang sudah profesional memerlukan performa PC yang tinggi dengan kemampuan yang sudah over lock dan expansion slot dengan jumlah banyak.

Semakin banyak perangkat yang digunakan untuk motherboard maka semakin banyak pula biaya yang harus di keluarkan pada tahap satu ini.

  1. Hindari Membeli Motherboard Dengan Built-In Wi-Fi dan High End Port

Jangan pernah membeli motherboard dengan menggunakan Built-In Wi-Fi dan High End Port kecuali di keadaan yang sedang mendesak dan membutuhkan port Thunderbolt, USB 3.1 Gen 2 dan built-in Wi-Fi,

Pada perangkat tambahan satu ini akan menambah biaya ketika kamu memasang motherboard secara signifikan. Untuk kamu bisa melihat contoh motherboard pada Mini-ITX yang sudah menggunakan built-in Wi-Fi

Memilih Prosesor, Socket dan Chipset Motherboard

Untuk kamu yang sedang merakit PC khusus gaming maka kamu harus menentukan prosesor apa yang akan digunakan. Pada hal ini perlu di perhatikan karena prosesor pada PC kamu gunakan hanya bisa di pasang pada socket motherboard tertentu saja.

Prosesor Intel Generasi kedelapan maka membutuhkan socket L GA 1151 v2 (Chipset 3xx) dan AMD Ryzen membutuhkan socket AM4. Untuk intel mempunyai kecenderungan untuk menggunakan socket dan chipset yang terbaru yang sangat spesifik sehingga untuk pengguna motherboard dengan socket dan chipset yang lama tidak dapat melakukan upgrade prosesor ke generasi terbaru.

Pada hal ini mempunyai perbedaan dengan AMD yang akan terus menggunakan dan melakukan perkembangan terhadap prosesor terbarunya pada socket AM4 sampai dengan tahun 2020. Maka dari itu kamu tetap bisa menggunakan motherboard lama kalian dengan menggunakan prosesor Ryzen yang terbaru.

Untuk proses pemilihan prosesor maka kamu juga dapat melakukan pemilihan chipset pada motherboard. Intel LGA 1151v2 ini memiliki beberapa pilihan chipset yaitu H310, B360,H370,Z370. Sedangkan untuk prosesor intel kamu bisa mendapatkannya di overclock dengan prosesor yang mempunyai akhiran K, contohnya Core i3-8350K.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan motherboard dengan chipset Z370 maupun Z390. Sehingga ketika kamu memilih prosesor AMD Ryzen maka kamu akan bebas dalam melakukan overclock pada prosesor maupun Ram dengan motherboard  B350, B450, X370 danX470. Sedangkan untuk motherboard dengan chipset A320 maka kamu tidak perlu melakukan overclock pada prosesor tapi overclock pada RAM.

Motherboard dengan menggunakan chipset terbaru tentunya akan memberikan hasil yang lebih baik, karena akan adanya suatu penambahan pada fitur dan perbaikan pada bug atau memperbaiki kelemahan pada versi yang sebelumnya.

Contoh dari motherboard dengan intel Z390 adalah kamu perlu memasangkan modul Intel CNVi WI-Fi. Sedangkan pada motherboard AMD X470 maka kamu bisa menggunakan fitur AMD StoreMi sehingga dapat menggabungkan kecepatan dari ssd kalian terhadap kapasitas HDD kalian untuk menjadi 1 drive yang cepat dan memberikan kapasitas yang besar.

Budget yang Di Butuhkan untuk Membeli Motherboard

Ketika kamu akan membeli motherboard di toko komputer Medan pasti kamu akan menyiapkan beberapa jumlah uang. Karena motherboard yang kamu beli dengan harga yang sudah di tentukan akan memberikan dampak terhadap PC kamu.

  1. Budget di Bawah 1 Juta

Motherboard Intel yang mempunyai harga Rp.1.000.000,00 ke bawah akan sangat minim dan hanya tersedia untuk chipset H310 dengan kemampuan yang sangat terbatas. Sedangkan untuk motherboard H310 dengan harga Rp.1.000.000,00 maka akan memberi dukungan M2 Sata untuk SSD dengan konektor M.2.

Untuk AMD kamu akan diberikan banyak pilihan mulai dari harga Rp,700.000,00 dengan pilihan motherboard dengan chipset A320. Motherboard dengan chipset A320 sangat berguna untuk kamu yang ingin membangun PC Gaming dengan murah  tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

  1. Budget di bawah 2 Juta

Budget 2 juta ke bawah kamu bisa mendapatkan berbagai fitur mulai dari header RGB pada motherboard dengan Intel Optane untuk motherboard dengan chipset B360 dan H370. Sedangkan untuk fitur overclock ryzen pada motherboard kamu perlu menggunakan chipsetB350 dan B450.

Selain itu untuk kamu yang mendapatkan heatsink model dapat memiliki beragam bentuk yang unik untuk kategori Rp.2.000.000,00 di bawah ini. Budget Rp.2.000.000,00 ini sangat umum untuk kamu pergunakan karena selain mendapatkan motherboard yang keren maka untuk motherboard ini dapat di upgrade juga  dengan jumlah yang lebih banyak.

Hal tersebut bisa terjadi karena untuk motherboard dengan harga Rp.2.000.000,00 ke bawah. Pada umumnya sudah memiliki empat jumlah slot Ram dan slot PCI yang jumlahnya lebih banyak.

Untuk kamu yang bermain gaming menggunakan PC maka kamu perlu memperhatikan beberapa komponen agar mendapatkan harga yang lebih murah tanpa harus dilengkapi dengan beberapa komponen yang mahal dan tidak akan mempunyai fungsi.

×