Sebuah PC game agar dapat memainkan game dengan grafis dan kecepatan frame yang tinggi harus memiliki spesifikasi komponen – komponen yang tidak main – main. Salah satu dari komponen yang harus ada dalam sebuah PC game adalah RAM. Spesifikasi dan kualitas dari RAM pun tidak boleh sembarangan. Perlu Anda cermati dengan bijak cara memilih RAM untuk PC game. Karena keberadaan RAM mempengaruhi kenyamanan dan pengalaman Anda bermain game.

Cara Kerja RAM

RAM atau Random Access Memory adalah komponen penting dalam sebuah PC terutama PC game. Menambahkan RAM dapat memberi peningkatan respon sistem dan frame rate. Sebuah RAM memiliki fungsi menyimpan data sementara atau data jangka pendek yang diperlukan PC untuk dapat beroperasi. RAM juga melakukan reset setiap kali sistem reboot, tidak seperti penyimpanan memori HDD ataupun SSD.

RAM adalah memori volatil yang artinya hanya menyimpan data ketika memiliki daya. Program tersebut dimuat ke dalam RAM untuk sementara saat digunakan, tapi tetap berada dalam drive memori penyimpanan secara permanen sampai saatnya dihapus. Dalam PC game, sistem perlu menulis dan membaca data dengan cepat. Saat bermain game, sistem akan mengakses data ke RAM karena kecepatannya yang lebih tinggi daripada mengakses data ke drive penyimpanan.

Kompatibilitas RAM dengan Motherboard

Saat memilih RAM, sebelum mempertimbangkan kapasitas dan frekuensinya, Anda perlu memastikan apakah RAM yang Anda pilih kompatibel dengan prosessor dan motherboard pada PC Anda. RAM dengan spesifikasi dan jenis modul yang salah justru akan menurunkan kinerja PC Anda, dan lebih parahnya, RAM tidak akan berfungsi.

  1. Jenis modul

Bentuk RAM yaitu berupa kepingan, yang dimasukkan ke dalam slot memori yang terdapat di motherboard. Pada perangkat komputer modern, motherboard sudah mendukung RAM DDR4.

  • DDR4 dan SDRAM

Seperangkat komputer atau PC menggunakan jenis RAM SDRAM. SDRAM artinya Synchronous Dynamic Random Access Memory yang disesuaikan dengan frekuensi prosesor.

Standar untuk komputer modern saat ini adalah SDRAM DDR4. DDR4 merupakan singkatan “Double Data Rate 4”, generasi keempat teknologi DDR, menggantikan SDRAM SDR atau single data rate. DDR4 ini memiliki tingkat kecepatan transfer data dan kapasitas yang lebih cepat dan lebih besar, serta voltase yang lebih rendah jika dibandingkan dengan generasi – generasi sebelumnya.

DDR4 tidak akan kompatibel dengan motherboard yang masih menggunakan slot DDR3 karena mereka memiliki perbedaan dalam jumlah pin, voltase, pengaturan waktu dan karakteristik lainnya.

  1. Bentuk dan ukuran

Ukuran RAM secara umum berbeda – beda sesuai dengan tujuan kegunaannya, misalnya RAM untuk PC berbeda ukuran dan bentuknya dengan RAM yang digunakan untuk laptop.

  • DIMM

DIMM artinya adalah Dual In-Line Memory Module. Modul RAM ini memiliki ukuran yang lebih besar dan dirancang untuk slot motherboard desktop

  • SO-DIMM

SO-DIMM yang berarti Small Out-Line Dual In-Line Memory Module ini adalah modul dengan ukuran yang lebih kecil dan dibuat atau dirancang untuk laptop, PC mini, dan motherboard faktor bentuk kecil.

Spesifikasi RAM

Spesifikasi yang dilihat dari sebuah RAM, adalah:

  1. Kapasitas

Kapasitas sebuah RAM diukur dalam satuan gigabyte atau biasa dilambangkan GB. Semakin tinggi kapasitas dari sebuah RAM, semakin banyak juga data yang dapat disimpan oleh aplikasi. Dengan kapasitas yang tinggi, akan lebih banyak program atau aplikasi yang bisa berjalan secara bersamaan, dan game pun akan menyimpan data sementara dengan jumlah yang lebih besar.

  1. Kecepatan

Semakin tinggi kecepatan sebuah RAM akan semakin cepat responnya terhadap permintaan pembacaan dan penulisan data sementara yang memberi peningkatan pada performa PC. Kecepatan RAM diukur dengan satuan megahertz atau MHz, sering kali juga diukur dalam satuan megatransfer per detik atau MT/s.

RAM untuk PC Game

Cara memilih RAM untuk PC game Anda tergantung dari tujuan Anda, apakah Anda ingin menggunakannya untuk fokus hanya bermain game atau melakukan multitugas dan streaming. Secara standar minimum untuk spesifikasi RAM pada PC game adalah RAM dengan kapasitas 8GB.

Tetapi, sering kali game – game tertentu menyarankan kapasitas RAM hingga 12GB untuk performa yang lebih optimal. Anda juga bisa menggunakan RAM 16GB jika Anda menginginkan ruang yang sedikit lebih lega saat suatu game butuh pembaruan.

Jika Anda menginginkan PC game Anda dapat melakukan multitugas sekaligus, Anda bisa gunakan RAM 32GB untuk PC game Anda. Kapasitas tersebut memungkinkan Anda bermain game sekaligus melakukan streaming siaran langsung, obrolan grup Discord, Youtube, dan lain – lain. Bahkan, saat ini, PC dengan prosesor Intel Core i9 mampu disematkan RAM dengan kapasitas 128GB.

Untuk kecepatan RAM pun mempengaruhi. Saat RAM 32GB dengan kecepatan yang lambat tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. Umumnya, RAM DDR4 dimulai dari kecepatan sekitar 1600MHz. RAM yang lebih cepat akan meningkatkan frame dan performa dari game. Selain fungsinya saat bermain game, kecepatan RAM juga memberikan efek lain untuk performa sistem, misalnya kecepatan waktu booting.

Pertimbangan lain

Instalasi

Sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli set kit RAM, terlebih dahulu perhatikan jumlah slot yang tersedia di motherboard Anda. Umumnya, PC desktop memiliki slot RAM berjumlah 4 slot, sedangkan laptop umumnya memiliki 2 slot. Jika Anda memiliki rencana untuk meningkatkan spesifikasi RAM untuk PC, disarankan untuk menyisakan slot terbuka. Sebagai contoh, lebih baik Anda memasang 2 slot RAM 16GB daripada 4 slot 8GB sehingga Anda masih memiliki tempat untuk peningkatan kapasitas RAM di kemudian hari.

Dual channel

Banyak dari komputer modern saat ini dilengkapi dengan memori dua channel. Memori dua channel ini membuat kontroler memori CPU memungkinkan untuk bertukar data ke RAM melalui dua keping memori dalam waktu bersamaan. Ini dapat meningkatkan ketersediaan bandwidth. Namun, pastikan setiap keping memori memiliki kapasitas, kecepatan, dan pengaturan waktu yang sama karena jika kecepatan atau kapasitasnya tidak sama, modul dengan kecepatan dan kapasitas yang lebih rendah akan menjadi acuan modul lain yang lebih cepat.

Pendinginan

Seperti komponen yang lainnya, RAM juga menghasilkan panas saat melakukan kinerjanya. Tetapi, panasnya tidak akan menjadi sangat panas, kecuali RAM bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang tidak biasa. Maka, perlu Anda pastikan RAM Anda terekspos aliran udara yang baik.

Kesimpulannya, cara membeli RAM untuk PC game bergantung pada tujuan penggunaan PC Anda. Spesifikasi RAM yang Anda butuhkan jika Anda hanya ingin bermain game, berbeda dengan spesifikasi RAM saat Anda ingin bermain game sekaligus melakukan multitugas lainnya. Sesuaikan juga kompatibilitas spesifikasi RAM dengan komponen lainnya, seperti prosesor CPU, agar fungsi dan kinerja RAM menjadi lebih optimal. Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan komponen RAM Anda dengan rancangan anggaran Anda saat merakit PC game.

×