Zaman sekarang, penggunaan PC atau personal computer tidak hanya digunakan untuk bekerja atau hal – hal yang berurusan tentang pekerjaan, tetapi juga digunakan untuk bermain game. Apalagi, banyak game modern saat ini yang memiliki grafis dan spesifikasi yang semakin tinggi.

Bermain game menggunakan PC pun memungkinkan Anda merakit PC sendiri untuk menentukan spesifikasi sesuai dengan yang Anda butuhkan. Cara merakit PC game pun bisa dilakukan oleh Anda meskipun belum pernah merakit sebelumnya. Dengan persiapan sebelum merakit dan instruksi yang tepat dan teratur, Anda bisa merakit PC Anda sendiri.

Merakit PC? Begini Caranya

Merakit PC game sendiri akan meningkatkan pengalaman Anda saat bermain game dan memudahkan Anda untuk meningkatkan spesifikasi komponen PC game Anda. Anda pun dapat dengan mudah meningkatkan atau memperbarui spesifikasi komponen PC Anda sewaktu – waktu, karena teknologi dalam sebuah game yang terus berubah dan spesifikasi yang terus meningkat.

Berikut ini, akan kami uraikan tentang panduan dan tata cara beserta tips dan trik yang bisa Anda terapkan saat akan merakit PC game.

Persiapan

  1. Peralatan

Sebelum memulai merakit, hal pertama yang Anda perlu perhatikan adalah menyiapkan peralatan. Anda mengumpulkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan selama proses perakitan. Mempersiapkan alat penting untuk memastikan kelancaran proses perakitan. Apa saja yang perlu disiapkan?

  • Ruang kerja

Saat proses perakitan, Anda mungkin akan membutuhkan area atau permukaan yang lebar dan luas sebagai tempat untuk bekerja. Misalnya, meja. Disarankan untuk Anda berdiri di permukaan tanpa karpet untuk mencegah terjadinya pelepasan elektrostatis yang terjadi secara tidak disengaja dan dapat merusak komponen sensitif.

  • Obeng

Peralatan yang kedua adalah obeng. Alat ini dibutuhkan untuk memasang komponen – komponen PC dan memasang sekrup.

Tips: Sebaiknya, gunakanlah obeng magnetik untuk mencegah sekrup yang bentuknya kecil terjatuh di dalam casing. Ujung obeng magnetik ini sangat lunak sehingga tidak memberi dampak apapun pada komponen.

  1. Casing PC

Casing PC ini perlu dipertimbangkan setidaknya ukuran casing karena casing ini menjadi tempat dari semua komponen yang akan disusun. Pertimbangan ini juga membantu Anda saat akan membeli casing, apakah perlu membeli fitur casing premium, atau panel samping yang terbuat dari bahan tempered.

Tentunya, jika PC Anda akan diletakkan di bawah meja dan tidak terlalu terlihat, Anda tidak perlu menggunakan panel samping tempered.

Umumnya, ukuran casing tersedia dalam tiga ukuran yaitu besar, sedang, dan kecil. Tidak ada standarisasi yang ditetapkan produsen tentang ukuran dari sebuah casing. Ukurannya secara umum mengikuti ukuran motherboard.

  1. Komponen – komponen PC game

Sebelum menentukan dan membeli komponen, sangat disarankan untuk Anda menghitung dan membuat rancangan anggaran karena saat membeli komponen, Anda bisa dengan mudah lepas kendali.

Sesuaikan komponen yang akan Anda beli untuk saat ini karena di kemudian hari Anda akan selalu meningkatkan spesifikasi komponen – komponen Anda. Anda juga perlu melakukan survey atau penelitian tentang komponen – komponen yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan rancangan anggaran yang sudah Anda buat.

Tips: Anda juga perlu melihat persyaratan sistem dan spesifikasi yang direkomendasikan untuk game favorit Anda atau game yang ingin Anda mainkan.

Komponen – komponen yang Anda butuhkan dalam merakit sebuah PC game:

  • CPU (Central Processing Unit)
  • PSU (Power Supply Unit)
  • Motherboard
  • Memori penyimpanan
  • RAM
  • GPU (Graphic Processing Unit)
  • Periferal game
  • Cooling system (sistem pendinginan)
  • OS (Sistem Operasi)

Perakitan Komponen

Setelah semua tahap persiapan terpenuhi, saatnya Anda mulai merakit. Berikut ini, uraian cara merakit PC game:

  1. Pasang CPU

Tempat pemasangan CPU yaitu ada di komponen motherboard. Cari socket CPU yang biasanya dibungkus dengan pelindung plastik dan di salah satu sudut socket terdapat tanda panah kecil, ingatlah lokasi panahnya. Di sisi socket CPU, terdapat tuas logam yang sangat kecil. Tekan tuas ke bawah dan tarik perlahan ke arah samping untuk membuka bagian baki socket.

Buka CPU dari kemasannya dengan sangat hati- hati. Peganglah pada bagian samping, jangan sampai menyentuh bagian atas chip dan pin yang ada di bagian bawah chip. Di salah satu sudut CPU, terdapat tanda panah. Sejajarkan dengan tanda panah yang ada di soket, dan letakkan CPU ke socket dengan hati – hati. Kemudian turunkan tuas dan tekan agar kembali ke tempatnya.

  1. Pasang SSD / Memori penyimpanan

Lepas sekrup kecil yang ada di slot memori penyimpanan pada motherboard menggunakan obeng. Geser memori secara perlahan ke dalam slot. Tekan memori dan pasang sekrup kecil kembali.

  1. Pasang pendingin CPU

Memasang pendingin CPU dilakukan sebelum memasukkan motherboard ke casing. Motherboard umumnya memiliki braket untuk pemasangan pendingin CPU. Untuk instruksi pemasangan pendingin CPU, lihat buku petunjuk yang terdapat dalam kemasan.

  1. Pasang RAM

Slot RAM ada pada motherboard. Biasanya terdapat dua atau empat slot RAM. Anda perlu melihat buku petunjuk untuk mengetahui konfigurasi pengisian slot RAM yang benar.

  1. Pasang PSU

PSU dipasang menggunakan sekrup yang disertakan dalam kemasan PSU. Lihat pada casing Anda, di mana seharusnya PSU dipasang, biasanya ada di bagian bawah belakang.

  1. Pasang motherboard

Motherboard biasanya disertai pelindung I/O yang berbentuk lembaran logam persegi. Anda harus memasang ke tempatnya yang ada di belakang casing. Setelah itu, pasang motherboard sejajar dengan pelindung I/O tersebut menggunakan obeng untuk mengencangkan sekrup.

  1. Pasang GPU

Cari slot PCIe* x16 di motherboard. Slot ini adalah yang terpanjang dan biasanya warnanya beda dengan yang lain. Sejajarkan dengan braket penahan dan slot, dorong GPU ke dalam slot sampai berbunyi klik.

Setelah semua drive terpasang, sambungkan ke motherboard dan PSU dengan kabel SATA yang disertakan di dalam drive atau motherboard Anda.

  1. Instal sistem operasi / OS

Colokkan flash drive yang di dalamnya berisi OS. Pasang juga monitor, keyboard, mouse lalu hidupkan PC.

Tampilan pertama setelah Anda hidupkan PC adalah sistem pengaturan BIOS. Lalu, buka BIOS, telusuri BIOS hingga menemukan halaman boot order dan ubah pengaturan urutan boot menjadi flash drive di urutan pertama dan drive tujuan install sistem operasi di urutan kedua.

Lakukan restart PC Anda, dan setelah hidup kembali, Anda akan menemukan halaman penginstal OS. Ikuti petunjuk atau instruksi untuk melakukan instalasi.

Demikian tadi cara merakit PC game yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk Anda yang pertama kali merakit, ini akan menjadi pengalaman yang bisa Anda jadikan acuan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat komponen PC game Anda karena menyempurnakan komponen PC game Anda merupakan bagian dari kesenangan saat memiliki PC. Namun, jika Anda ingin terima siap jadi, bisa membeli nya di toko komputer online di Medan. Selamat, karena Anda telah berhasil merakit PC game Anda sendiri.

×