Laptop khusus gaming sangat cocok untuk Anda yang suka sekali bepergian tetapi kalau sudah memakai perangkat dan juga aksesoris yang tepat, Anda juga perlu tahu cara membuat konfigurasi laptop gaming yang sempurna agar bisa memperoleh pengalaman seperti desktop di rumah.

Fokus Utama

  • Pilihlah laptop gaming yang bisa memberikan pengalaman sesuai dengan keinginan.
  • Tingkatkan pengalaman Anda dengan memakai perangkat keras seperti mouse Gaming, keyboard mekanis dan juga penyimpanan eksternal.
  • Pakailah stasiun dok agar konektivitas maksimal dan konfigurasi tetap teratur.
  • Sempurnakan meja dengan menambah tanaman, karya seni dan sentuhan lainnya.

Laptop gaming sangat mudah dibuka dan juga dipakai waktu bepergian. Tetapi kalau ingin menggunakan di rumah harus menggunakan perangkat tambahan agar memainkan game layaknya desktop.

Konfigurasi juga harus tepat agar Anda terhanyut di dunia game dengan layar besar. Nikmati kendali lebih presisi dengan peripheral gaming dan juga kabel Thunderbolt™ 3 agar tersambung dengan stasiun dok yang fungsinya menghubungkan aksesoris di layar Anda.

Langkah pertama merakit konfigurasi laptop yaitu menemukan dulu laptop yang tepat.

Cara Tepat Memilih Laptop Gaming: Dasar-Dasar

Tantangan saat memilih laptop menemukan sistem yang tepat dan juga perlu memperhatikan perangkat keras, konektivitas dan desain agar sistem baru yang dipilih tadi bisa memberikan pengalaman baru yang diidamkan.

  • Cara membuat konfigurasi laptop gaming yang sempurna pertama adalah memilih CPU dan GPU yang memberikan ruangan tambahan dan juga sesuaikan dengan resolusi sekaligus kecepatan frame yang diinginkan Anda.
  • Pastikan sistem yang dipilih mempunyai cukup port yang fleksibel seperti Thunderbolt™ 3 yang bisa terhubung dengan penyimpanan eksternal dan monitor.
  • Pilihlah desain yang sesuai selera seperti chasing yang ramping dan bahan bingkai aluminium yang tahan lama. Layar laptop harus yang besar seperti layar 17 inci ke atas.

Memilih Aksesoris Penting

Periferal yang bagus dapat membantu mengubah konfigurasi atau pengaturan laptop agar bisa seperti desktop yang dipakai di rumah tetapi perlu berhati-hati saat memilih ruang.

Perhatikan juga tata letak meja yang akan digunakan untuk menaruh perangkat, pilih lokasi yang paling nyaman agar nantinya waktu bermain tidak merasa bosan. Selain itu, lokasi tersebut harus cukup luas agar aksesoris audio bisa ditempatkan di lokasi yang sama dengan perangkat.

Pertimbangkan juga di mana Anda akan menaruh monitor jangan sampai monitor berada di tempat yang terkena sinar matahari.

Layar Eksternal

Agar pengalaman bermain game menjadi lebih seru maka ada baiknya beralih ke layar monitor yang ukurannya besar. Menghubungkan laptop dengan layar terpisah juga memiliki beberapa potensi seperti berikut:

  • Tugas jadi dibagi ke beberapa layar. Bermain bisa menggunakan satu layar dan layar lainnya bisa untuk mengerjakan pekerjaan.
  • Tempatkan monitor di posisi ergonomis. Agar leher tidak sakit sebaiknya atur ketinggian monitor agar sejajar dengan mata sehingga sudut pandang tetap nyaman.
  • Pertimbangkan menggunakan monitor yang resolusinya tinggi. Untuk yang menggunakan laptop layar 17 inci sebaiknya ganti dengan monitor 27 inci yang bisa membuat gambar lebih jernihkan tingkat refresh yang tinggi sehingga tidak terjadi screen tearing.
  • Rasakan aksi cepat dengan memakai monitor yang memiliki refresh cukup tinggi. Misalnya monitor model144 Hz, kalau memang belum seperti itu bisa langsung upgrade monitor supaya lebih asyik memainkan game.
  • Gunakan monitor ultra lebar agar bisa lihat lebih banyak. Monitor ini mempunyai rasio yang melebihi standar layar pada umumnya, seperti 21:9 atau 32:2.

Jika ingin mengetahui Cara membuat konfigurasi laptop gaming yang sempurna dan memilih layar eksternal lihat panduan lengkap kami untuk memilih monitor.

Mouse dan Keyboard Gaming

Keyboard dan touchpad laptop sekarang sudah makin canggih dan sekarang sudah ada yang mempunyai tata letak tombol juga pencahayaan yang bisa disesuaikan.

Keyboard mekanis ukuran penuh menawarkan berbagai macam pilihan model lab komputer, pilih model tombol yang sesuai dengan selera sehingga memperoleh rasa yang tepat.

Touchpad laptop cocok sekali untuk beberapa macam tugas, pilih mouse yang paling enak digunakan dari berbagai macam pilihan mouse yang ada.

Mouse pad yang sesuai menjadi salah satu faktor pendukung asyiknya bermain game, dengan pad yang cocok maka mouse bisa bekerja dengan baik.

Pemain yang sering mengatur sensitivitas mouse sebaiknya pilih mouse pad yang alasnya berbentuk sehingga pergerakan mouse pad tetap stabil meskipun mouse sering digunakan saat bermain game.

Audio

Headset dan juga speaker eksternal bisa meningkatkan opsi audio yang ada di laptop gaming.

Sistem speaker bisa memberikan suara layaknya bioskop. Ada beberapa laptop yang mempunyai cara inovatif untuk mengatasi ukurannya kecil seperti sistem dengan twetter dan subwoofer

Headset akan membantu mengisolasi suara dari luar dan akan menangkap suara obral dengan mikrofon.

Hampir semua aksesoris audio sudah terhubung lewat USB dan Bluetooth.

Stasiun Dok dan Port Thunderbolt™ 3

Port Thunderbolt™ 3 mempermudah proses koneksi menuju stasiun dok dan juga mampu mentransfer file dengan kecepatan 40 Gbps serta menghubungkan beberapa komputer.

Ada beberapa alasan kenapa harus memakai Port Thunderbolt™ 3 dan penjelasannya sebagai berikut.

  • Menyambungkan stasiun dok dengan laptop memakai satu buah kabel Port Thunderbolt™ 3. Stasiun dok memberikan banyak port sehingga semua aksesoris bisa terhubung.
  • Menyambungkan ke berbagai monitor eksternal memakai HDMI yang ada di stasiun dok.
  • Menggunakan koneksi Ethernet kabel pada stasiun dok.
  • Mengatur drive penyimpanan eksternal dengan cara menghubungkan secara permanen ke stasiun meskipun drive disimpan tidak terlihat.
  • Menjaga konfigurasi tetap rapi tanpa perlu mencabut kabel waktu melepas laptop.
  • Memakai hub USB agar bisa memecahkan masalah pengaturan port kalau tidak mempunyai port Thunderbolt™ 3.

Upgrade Ruangan Anda

Cara membuat konfigurasi laptop gaming yang sempurna terakhir adalah sesuaikan ruangan dengan perabot dan aksesoris yang bisa menyatukan semuanya.

  • Pilihlah kursi yang nyaman dan tepat.
  • Memasang lengan monitor supaya mudah menyesuaikan dengan kemiringan monitor.
  • Pakai tiang speaker agar lebih rapi.
  • Memasang pencahayaan kustom.
  • Atur kabel memakai kabel pengikat.
  • Menambahkan kepribadian seperti pasang poster.
  • Memasang pelindung lonjakan arus listrik.
  • Memilih cara tepat untuk terhubung seperti kurangi kabel pakai koneksi Wi-Fi 6.

Mendesain Konfigurasi Streaming Laptop Impian

Kalau ingin streaming video gameplay maka aksesoris profesional bisa memberikan sentuhan yang dibutuhkan konten agar menonjol.

  • Pertimbangkan penggunaan microfon eksternal agar kualitas audio maksimal.
  • Pakai kamera web 4k atau 1080 agar kualitas gambar meningkat.
  • Pakailah hard drive eksternal agar bisa menyimpan video tanpa mengurangi ruang penyimpanan laptop.

Maksimalkan Potensi Laptop Yang Dimiliki

Setelah merancang semua yang sudah dijelaskan tadi maka Cara membuat konfigurasi laptop gaming yang sempurna terakhir yaitu memasang laptop Anda agar hanyut dalam permainan game terbaru. Jika masih merasa bingung melakukan konfigurasi laptop segera lihat panduan memilih laptop yang tepat atau bisa juga bandingkan kekuatan otot perut dengan desktop sebelum mengambil keputusan.

×