Bottleneck menjadi salah satu masalah pada PC gaming dan mempengaruhi pengalaman bermain game kita. Oleh sebab itu Anda harus memastikan bahwa perangkat keras yang Anda gunakan sudah seimbang dengan komponen yang tepat.

Ketika Anda memutuskan untuk merakit PC gaming yang berkualitas, tentu saja hal ini tidak sesederhana ketika Anda membeli GPU atau CPu yang paling mahal. Sebab membuat perangkat keras yang seimbang merupakan hal paling penting agar Anda bisa bermain game dengan lancar.

Ada beberapa cara menyeimbangkan komponen Anda dengan tepat agar menghindari beban kerja yang terlalu berat dan terjadinya bottleneck. PC yang seimbang dan komponen yang sempurna bisa mencapai performa yang sangat baik.

Semua komponen bisa dirangkai dengan sempurna dan tidak ada komponen yang bekerja berlebihan atau tidak bisa bekerja dengan maksimal. Jika Anda bisa menyeimbangkan semua komponen ini, maka Anda akan mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik.

Bottleneck pada PC

Bottleneck merupakan sebuah kondisi dimana komponen PC Anda membatasi potensi perangkat keras lainnya dikarenakan adanya perbedaan antara kemampuan yang maksimal dari komponen ini.

Namun bottleneck tidak hanya disebabkan karena usia komponen PC atau kualitasnya, namun juga dipengaruhi oleh performanya. Hal inilah yang penting untuk dipertimbangkan apalagi untuk PC gaming kelas pemula.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini cara menyeimbangkan komponen Anda dengan tepat:

  1. Mencari CPU dan GPU Kompatibel

Bottleneck bukan hanya terjadi di CPU dan GPU, namun keduanya juga bisa berpengaruh terhadap bottleneck yang bisa berdampak pada salah satu sistem di dalam komputer.

Tugas CPU yakni menghitung seluruh operasi mulai dari audio, data posisional, netcode dan lainnya untuk menjalankan game modern. Selain itu PC juga bertugas untuk mengirimkan berbagai instruksi rendering ke GPU.

Instruksi inilah yang isinya semua kebutuhan GPU agar bisa mengetahui mana data yang harus dirender, termasuk tekstur, shader serta data visual lainnya. Semua inilah yang akan dieksekusi oleh GPU dan menjadi gambar yang bisa Anda lihat di layar komputer.

Jika GPU bisa merender semua instruksi ini lebih cepat dibandingkan kecepatan CPU, maka GPU terdiam sementara sampai instruksi selanjutnya siap. Hal ini menunjukkan bahwa GPU tidak bisa beroperasi dengan performa terbaiknya.

Sebab hal ini akan berpengaruh dalam menghasilkan frame yang lebih sedikit di setiap detiknya. Inilah yang dinamakan dengan bottleneck yang artinya tingkat performa GPU menjadi tertahan karena CPU yang terbatas kemampuannya.

  1. Membuat PC Game yang Seimbang

Saat Anda membuat rakitan PC game baru, Anda harus mempertimbangkan banyak hal dan tidak hanya jenis game yang akan dimainkan. Namun Anda harus memperhatikan komponen perangkat keras harus bekerja sama dan dampak yang dirasakan oleh komponen lainnya.

Berikut ini beberapa perangkat keras yang wajib Anda perhatikan:

  • CPU

Cara menyeimbangkan komponen Anda dengan tepat yakni mempertimbangkan CPU. Sebab CPU harus memiliki prosesor dengan performa tinggi untuk meningkatkan pengalaman gaming.

  • GPU

Selain CPU, Anda juga harus memilih GPU yang tepat. Untuk memilih GPU Anda bisa mempertimbangkan dengan game yang ingin dimainkan.

Sebab kebanyakan PC gaming memberikan opsi grafis yang memungkinkan untuk mengkustomisasi pengalaman gaming Anda. Jika Anda ingin resolusi game yang tinggi, maka Anda bisa menggunakan GPU dengan performa paling tinggi.

CPU dan GPU yang Anda pilih harus kompatibel dan melengkapi. Salah satunya Anda bisa menggunakan Prosesor Intel Core i5 yakni CPU tingkat pemula yang cocok Anda gunakan.

Anda tidak bisa memilih CPU atau GPU saja karena keduanya adalah hal yang penting dan mereka saling bekerja sama untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda.

  • RAM

Bottleneck biasanya tidak terjadi pada RAM kecuali Anda memiliki RAM yang tidak mencukupi. Anda bisa menggunakan RAM 8GB atau 16GB agar lebih seimbang.

  • SSD/HDD

Penyimpanan bisa mempengaruhi bottleneck pada gaming. Meskipun tidak mempengaruhi pengaturan grafis, namun jika Anda menggunakan HDD maka waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih lama dan bisa terjadi macet saat Anda memainkan game.

Salah satu cara menyeimbangkan komponen Anda dengan tepat yakni dengan menggunakan SSD yang bisa membantu akses data lebih cepat dibandingkan HDD. Performa SSD juga jauh lebih tinggi dibandingkan HDD.

  • Layar

Penyebab lain bottleneck yakni layar. Jika Anda tidak bisa mendapatkan manfaat dari perangkat keras yang Anda gunakan jika Anda memilih tampilan 1080p dan 60 Hz.

Ketika Anda ingin membidik frame rate lebih tinggi, maka Anda harus memastikan bahwa layar yang Anda gunakan harus kompatibel dan seimbang dengan CPU dan GPU. Hal ini akan menghasilkan render lebih cepat.

  • Perangkat Keras Lain

Selain beberapa perangkat keras diatas, beberapa perangkat keras lain juga harus menjadi perhatian. Seperti Catu Daya yang tidak cocok bisa berbahaya bagi sistem Anda.

Selain itu Motherboard juga bisa mempengaruhi permainan Anda karena membatasi perangkat keras yang Anda gunakan. Semua perangkat keras yang Anda gunakan di dalam game harus seimbang agar meningkatkan pengalaman gaming Anda.

Cara Membuat Rakitan yang Seimbang

Salah satu keunggulan dari merakit PC yakni Anda bisa membuatnya lebih seimbang. Anda bisa membeli komponen perangkat keras lainnya untuk saling melengkapi dan meningkatkan performa.

Saat merakit PC, Anda juga harus merancang anggaran Anda. Apalagi jika Anda ingin komponen komputer yang berkualitas tinggi. Misalnya Anda ingin bermain game war seperti COD, maka Anda bisa membeli komponen dengan prioritas frame rate yang tinggi dengan menggunakan CPU gaming yang paling cocok.

Contoh Rakitan PC yang Seimbang

Berikut ini beberapa contoh rakitan PC yang seimbang dan bisa menjadi referensi Anda:

  1. Sistem Gaming Tercanggih

Komponen yang dibutuhkan:

  • CPU dengan spesifikasi Intel Core i9 10900K
  • GPU dengan spesifikasi Nvidia GeForce RTX 3080
  • RAM minimal 32 GB
  • Penyimpanan menggunakan Intel SSD 1 TB atau HDD minimal 2 TB
  • Layar dengan pilihan 1920×1080/ refresh rate 360 Hz, 2560×1440/ refresh rate 240 Hz atau 3840×2160/ refresh rate 120 Hz.
  1. Sistem Gaming dengan Kelas Atas

Komponen yang dibutuhkan:

  • CPU dengan spesifikasi Intel Core i7 10700K
  • GPU dengan spesifikasi Nvidia GeForce RTX 3070
  • RAM minimal 16 GB
  • Penyimpanan menggunakan HDD 1TB atau Intel SSD 512 GB
  • Layar dengan resolusi 2560×1440/refresh rate 144 Hz.
  1. Sistem Gaming

Komponen yang dibutuhkan:

  • CPU dengan spesifikasi Intel Core i5 10600K
  • GPU dengan spesifikasi Nvidia GeForce RTX 2060
  • RAM minimal 8 GB
  • Penyimpanan menggunakan Memori Intel Optane minimal 32 GB
  • Layar dengan resolusi 1920×1080/refresh rate 144 Hz

Temukan Keseimbangan Paling Tepat untuk PC Anda

Cara menyeimbangkan komponen Anda dengan tepat yakni dengan memilih perangkat keras jenis apapun dan pastikan semuanya seimbang, karena hal ini akan berpengaruh dalam performa PC gaming Anda.

×