Set up pc gaming, lebih dari sekedar memilih PC, tetapi juga Anda harus mempertimbangkan berbagai hal berikut ini untuk bisa mendesain set up gaming PC yang terbaik, dan paling nyaman untuk Anda mainkan.

Jika Anda adalah orang yang sering kali duduk di depan meja komputer dalam waktu lama, maka Anda akan paham betapa pentingnya kualitas pengaturan set up meja dan komputer. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam set up pc gaming, mulai dari kenyamanan, pemilihan meja, penempatan layar, posisi mouse dan keyboard, dan banyak fitur lainnya yang bisa mempengaruhi pengalaman Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan Anda bisa mengatur meja gaming terbaik, untuk bisa mendapatkan pengalaman bermain gaming yang terbaik dan paling nyaman untuk Anda.

Pemilihan Meja

Meja untuk meletakan PC Anda adalah satu kunci yang perlu Anda pertimbangkan, karena meja ini adalah tempat dimana Anda akan meletakkan segala perlengkapan PC Anda, sekaligus tempat utama Anda dalam menjalankan PC Anda. Untuk mencari gaming table yang ideal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kenyamanan, luasnya permukaan area, material konstruksi, dan estetika.

Selain bahan dan juga harga yang dipertimbangkan, Anda perlu mempertimbangkan luasnya area yang dibutuhkan untuk area PC gaming Anda. Anda juga perlu pertimbangkan bahan meja yang digunakan, mulai dari bahan yang keras, serta tidak mudah kotor, dan menghambat pergerakan mouse.

Penting juga mempertimbangkan ruang yang Anda punya, jika Anda tidak memiliki ruang yang luas, maka Anda harus memilih meja yang lebih kecil supaya muat, dan lebih minimalis. Fitur lainnya adalah manajemen kabel, sehingga Anda perlu mengetahui bahwa manajemen kabel adalah hal penting untuk diperhatikan, dan meja yang tepat akan memudahkan Anda untuk melakukan manajemen kabel.

Penempatan Layar

Dalam bermain game, tentu Anda harus bisa melihat layar game Anda dengan jelas, tetapi pada saat yang bersamaan, penempatan layar juga penting untuk menjaga kesehatan mata agar mata tidak mudah lelah saat sesi game yang lama. Posisi layar yang baik, dan penempatan layar yang tepat akan mempengaruhi kepuasan Anda dalam mengatur set up PC gaming Anda.

Triknya adalah menyeimbangkan ergonomis, estetika, dan fungsi layar, selain itu Anda juga mempertimbangkan apakah Anda akan menggunakan multi-monitor atau tidak. Setting multi monitor memang cukup terkenal di kalangan gamer, karena memungkinkan gamer bisa melakukan multi task dengan mudah, serta memberikan kepuasan tersendiri didalamnya.

Sebisa mungkin tempatkan monitor paling tidak dengan jarak 30-40 cm dari mata. Selain itu, monitor juga tidak lebih tinggi daripada posisi mata. Jika posisi monitor lebih tinggi, atau terlalu rendah dengan posisi mata akan membuat mata cepat lelah. Ada juga opsi untuk memasangkan monitor di dinding depan Anda, sehingga Anda tidak perlu meletakan segalanya pada meja pc Anda.

Kursi Gaming Adalah Takhta Anda

Untuk kenyamanan maksimal, Anda tentu harus memilih kursi yang baik. Kursi gaming, menjadi salah satu hal yang populer, dan banyak dicari beberapa dekade akhir ini. Karena dari segi estetika, kenyamanan, serta popularitas dari desain kursi gaming tidak bisa diragukan lagi. Oleh karena itu, menginvestasikan uang Anda ke dalam kursi gaming bukanlah ide yang buruk.

Jika Anda tidak terlalu mengedepankan estetika atau segi keren, mungkin Anda cukup dengan kursi kantor yang nyaman, dan tidak akan ketinggalan zaman. Tetapi mungkin Anda juga perlu pertimbangkan hal lain seperti gaya kursi, tingkat kenyamanan kursi, serta harga dari kursi.

Kenyamanan dari kursi adalah hal yang wajib Anda pertimbangkan, karena Anda akan duduk diam diatas kursi dalam waktu yang lama. Kursi yang benar juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda, dan juga kesehatan punggung, dan tulang belakang Anda. Sandaran lengan juga salah satu hal wajib yang dimiliki kursi gaming, untuk menopang lengan supaya tidak mudah lelah.

Mouse Dan Keyboard

Anda juga harus mengatur supaya mouse dan keyboard sesuai dan nyaman di tangan Anda, pas pada set up, dan mudah dijangkau dari tangan Anda. Fitur keyboard sangat penting, serta ukuran mouse dan keyboard yang pas menentukan kenyamanan Anda dalam bermain.

Terutama dalam bermain game kompetitif dimana waktu reaksi dan refleks juga ditentukan oleh nyamannya seseorang menggunakan periferal. Tetapi hal ini juga termasuk preferensi pribadi, karena tiap orang memiliki pendapat pribadi mereka terhadap posisi mouse dan keyboard, ukuran, serta pengaturan mouse dan keyboard.

Perhatikan juga kesehatan pergelangan tangan Anda dalam menggunakan mouse, gunakan mouse pad yang memiliki penopang pergelangan yang empuk, sehingga tangan tidak mudah lelah. Posisi keyboard juga bisa Anda miringkan, sehingga lebih mudah terjangkau dari tangan, dan tidak membuat jari cepat lelah.

Pencahayaan

Pencahayaan juga sangat penting dalam bermain game, terutama untuk menjaga kesehatan mata, membuat mata tidak lelah dalam bermain game. Apakah Anda memiliki kelengkapan lampu dalam bermain game? Bagaimana set up Anda dalam PC gaming, mungkin dengan pencahayaan yang lebih tepat Anda bisa menghayati game lebih baik lagi.

Pertimbangkan keseimbangan antara estetika dengan kesehatan. Beberapa gamer mungkin lebih menyukai estetika gelap, dengan pencahayaan minim di sekitar monitor. Akan tetapi, Jika Anda mengandalkan pencahayaan monitor, dan di dalam ruang yang gelap, maka sinar monitor akan jadi terlalu terang dimata Anda, dan bisa merusak kesehatan mata Anda.

Solusinya adalah dengan memberikan pencahayaan yang cukup di sekitar Anda, tidak terlalu gelap, tapi tidak juga terlalu terang, jadi Anda bisa mendapatkan keduanya, baik itu segi estetika, ataupun segi kesehatan. Anda bisa menggunakan pencahayaan cerdas dimana Anda bisa mengatur seberapa gelap atau terang Anda ingin ruangan Anda di terangi.

Audio

Ada dua sistem utama dalam audio gaming, menggunakan headset, atau speaker. Headset memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman audio yang maksimal, karena headset bersuara langsung di depan telinga Anda, memungkinkan Anda mendengar segala hal dari audio gaming. Speaker, tentu saja lebih keras, dan jauh dari telinga, sehingga mungkin akan mempengaruhi gameplay.

Jika Anda seorang yang sangat menyukai dengan audio gaming, dan menitikberatkannya dalam set up gaming, maka Anda bisa menggunakan headphone untuk kualitas audio, serta pengalaman yang lebih memuaskan. Anda bisa menggunakan audio headphone yang mahal, serta dilengkapi dengan mikrofon untuk bisa berkomunikasi dengan rekan Anda di dalam game.

Pengaturan Penempatan yang Sempurna

Tidak ada standar pengaturan meja yang sempurna, karena semua itu kembali kepada kenyamanan Anda bermain game. Pastikan bahwa Anda nyaman dalam bermain game, duduk diatas kursi, dan tidak terlalu lelah dalam bermain game. Semua faktor dan elemen mulai dari estetika, kenyamanan, kesehatan, ruang bermain game, hingga dana menjadi kunci Anda untuk set up gaming pc terbaik.

×