Bagi Anda yang akan membeli device komputer baru, Anda mungkin bingung akan membeli laptop atau pc. Apalagi saat ini pc untuk game sedang gencar-gencarnya paling dicari.

Dari remaja hingga dewasa saat ini asyik dengan permainan game nya masing-masing.

Oleh karena itu tak ayal jika pc dijadikan device yang diimpikan para pecinta game karena memiliki layar yang lebih luas dan berbagai peralatan tambahan lainnya.

Pilih Mana, Laptop atau PC Desktop Game Ya?

Lalu bagaimana cara memilih: laptop vs pc desktop game? Di bawah ini nanti akan dibahas tips bagaimana cara memilih kedua device tersebut agar dinilai cocok dengan keputusan Anda membeli laptop atau pc.

Kedua device tersebut sama-sama bagus karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memutuskan membeli suatu device, Anda perlu mengetahui faktor-faktor penting apa saja yang ditunjukkan kedua device tersebut.

Salah satu faktor perbedaan yang bisa Anda lihat tentu saja dari segi bentuk. Seperti yang dapat Anda bisa lihat secara langsung, laptop berukuran kecil dan tentu saja mudah untuk dibawa kemanapun, sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian. Sedangkan desktop game ukurannya lebih besar, dan cukup sulit dibawa kemana-mana namun desktop game dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

Nah faktor di bawah dapat Anda jadikan patokan sebagai cara memilih: laptop vs pc desktop game.

Performa

Jika Anda lihat performa desktop dinilai lebih baik dibandingkan dengan laptop dari segi komponen dan pertimbangan termal. Namun di zaman yang modern ini, banyak sekali laptop yang sudah diproduksi dengan keunggulan yang hampir sama dengan desktop.

Jadi jika kita bandingkan performa kedua device ini cukup imbang. Jadi faktor ini bisa abaikan dan lihat faktor lain yang dapat dijadikan pertimbangan

Portabilitas

Inilah faktor perbedaan antara laptop dan desktop yang dapat Anda lihat.

  • Laptop¬†

Portabilitas atau kemampuan dari suatu mesin yaitu mudah dibawa adalah keunggulan dari laptop. Laptop didesain menggunakan baterai dan memiliki layar yang dihubungkan dengan keyboard dan trackpad.

Dari desainnya ini Anda dapat mengetahui bahwa laptop didesain untuk dibawa kemana saja dan kapan saja. Anda dapat menggunakan laptop di tempat-tempat umum seperti kafe, pesawat terbang, kereta, lapangan yang tidak memungkinkan Anda untuk membawa desktop yang berukuran besar.

Apalagi saat ini terdapat laptop yang dirancang khusus untuk penggemar game dengan perangkat keras yang semakin apik dan dapat menambah pengalaman bermain game Anda di mana saja. Apalagi laptop juga dapat dilengkapi peralatan tambahan seperti mouse, docking station dan keyboard yang akan memudahkan Anda dalam bermain game.

Namun tentu saja tambahan peralatan ini juga menambah biaya yang dikeluarkan

  • Desktop

Dari segi portabilitas, desktop memang memiliki kekurangan karena selalu membutuhkan stop kontak untuk proses menyalakannya. Sehingga desktop cukup sulit untuk dibawa kemana-mana.

Namun tidak sedikit orang yang tidak keberatan untuk membawa desktopnya untuk keperluan seperti pesta LAN yang memang tidak membatasi adanya desktop. Ditambah lagi desktop memiliki kemampuan yaitu dapat menyambungkan dengan perangkat luar atau eksternal karena memiliki kemampuan yang modern. Pilihan yang ditawarkan untuk USB dan port audio juga banyak.

Sehingga faktor ini dapat dipertimbangkan dalam cara memilih: laptop vs pc desktop game.

Pengembangan pada Perangkat Keras

Karena desainnya yang simpel membuat laptop kekurangan cukup ruang sehingga prosesor maupun komponen grafis yang ada pada motherboard susah untuk diakses. Sedangkan desktop pada segi komponen internal nya sangat mudah diakses dan ditingkatkan.

  • Laptop

Jika Anda akan membeli laptop, perlu Anda ketahui bahwa nantinya Anda hanya dapat melakukan peningkatan pada RAM atau penyimpanan saja. Sedangkan CPU atau GPU Anda tidak akan ditingkatkan karena hal tersebut cukup susah.

  • Desktop

Sedangkan desktop sangat mudah untuk dilakukan peningkatan. Sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat melakukan peningkatan atau pembaruan pada komponen perangkat keras pada desktop Anda dengan mudah.

Jadi tanpa membeli atau mengganti dengan mesin yang baru, Anda dapat melakukan peningkatan satu demi satu sehingga desktop Anda akan selalu memiliki perangkat yang terbaru.

Kustomisasi

Di faktor ini, desktop memiliki sedikit keunggulan dibandingkan dengan laptop.

  • Laptop

Laptop yang berada di pasaran sudah diproduksi dengan kelengkapan informasi RAM, CPU, GPU. Ketika Anda akan membeli laptop, Anda ditawarkan dengan berbagai pilihan seperti ukuran layar, RAM, CPU, GPU hingga warna laptop.

Dari segi fisik maupun komponen yang terkandung di laptop, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun perangkat keras pada laptop yang sudah Anda pilih, tidak dapat diganti setelah Anda membelinya. Warna laptop dan komponen yang sudah ada pada laptop susah untuk dilakukan modifikasi.

Mungkin pilihan modifikasi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menempel sticker. Namun hal tersebut kurang menarik bagi sebagian orang. Nah inilah faktor inilah yang mungkin sangat penting bagi Anda sebagai bahan pertimbangan cara memilih: laptop vs PC desktop game.

  • Desktop

Berbeda dengan laptop yang susah untuk dilakukan modifikasi, desktop yang memiliki ukuran besar ini dapat dengan mudah Anda modifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Pilihan Perangkat Keras Khusus yang Beragam

Pada desktop, Anda dapat menyatukan berbagai perangkat keras yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kualitas Performa

Adanya perangkat keras khusus yang dipasang pada PC desktop Anda akan membuat performa desktop selalu sempurna. PC akan selalu bekerja dengan lancar. Di desktop biasnya Anda dapat memasang kipas pendingin yang digabung dengan CPU atau biasanya disebut All In One.

Pemasangan All In One ini bisa menjadi solusi termal pada perangkat keras desktop Anda.

Pilihan Aksesoris Berbagai Jenis

Desktop Anda dapat dihiasi dengan pelindung atau casing yang beraneka warna. Selain itu Anda juga dapat menentukan ukuran casing sesuai dengan komponen pada desktop Anda. Tidak hanya itu, berbagai merk, spesifikasi dan desain dapat Anda tentukan sesuai dengan desktop yang Anda miliki.

Kelebihan lainnya dari desktop yaitu Anda bisa merakit sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir, perakitan disini tentu saja akan menghasilkan desktop yang memiliki kualitas canggih. Dan jika Anda tidak bisa merakit sendiri, Anda dapat merakitnya ke vendor yang menawarkan perakitan PC yang tentu saja sesuai dengan ekspektasi Anda.

Itulah beberapa faktor yang dapat dijadikan cara memilih: laptop vs pc desktop game dengan baik. Untuk penggunaan game, kedua device ini tidak ada yang lebih baik satu dengan yang lain. Karena kedua device ini sama-sama bisa dipakai untuk game kelas tinggi.

Hanya saja perbedaan yang dilihat dari kelebihan dan kekurangannya yaitu laptop dapat dibawa kemanapun namun peningkatan komponennya terbatas. Sedangkan desktop adalah kebalikannya.

Jadi jika Anda ingin membeli komputer baru, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

×