Perangkat PCIe 4.0 saat ini merupakan salah satu perangkat yang paling umum digunakan dalam. Keberadaan perangkat ini ditambah dengan dukungan motherboard serta CPU Intel Core dari generasi ke 11. Perangkat PCIe 5.0 dari generasi ke 12 juga menawarkan kompatibilitasnya dengan perangkat 3.0 dan 4.0.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai PCIe 4.0 dan PCIe 5.0 perlu diketahui terlebih apa itu PCle 4.0 dan 5.0? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Perangkat PCIe 4.0

Peripheral Component Interconnect Express yang disingkat dengan PCIe ini merupakan sebuah ekspansi bandwith yang menghubungkan kartu grafis dengan SSD dan juga kartu perangkap dengan kartu nirkabel. Apabila Anda pernah membuat PC rakitan maka pernah melihat PCIe ini yang berukuran panjang pada motherboard.

PCIe yang terletak pada motherboard ini memiliki jalur dengan berbagai variasi yaitu x1,x2,x4,x8 dan juga x16. Jalur yang lebih banyak menandakan slot yang lebih panjang. GPU diinstall pada slot terbesar yang menghubungkan langsung pada CPU yaitu slot x16. Untuk SSD PCIe m2 modern diinstall dengan menggunakan jalur x4.

Perangkat PCle dari generasi ke generasi selalu mengalami peningkatan performa dibandingkan dengan generasi awal. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan laju transfer data pada 3.0 yang mulanya 8 gigatransfer (GT) per detik dan terus mengalami peningkatan pada PCIe 4.0 pada kecepatan 16 GT per detik dan PCIe pada kecepatan 32 GT per detik.

Meskipun di permukaan PCIe yang baru terlihat sama seperti yang lama yaitu PCIe 3.0 tetapi memiliki kompatibilitas antara ke duanya. Tidak hanya perangkat SSD PCIe 3.0 saja yang kompatibel dengan 4.0 tetapi pula sebaliknya. Perangkat PCIe 4.0 juga kompatibel dengan PCIe 3.0

Macam Jalur PCIe

CPU Intel® Core™ generasi ke 12 menyediakan lebih banyak jalur yaitu hingga x16 jalur CPU pada PCIe 5.0 dan 4 jalur pada PCIe 4.0. Sedangkan pada generasi ke 11 nya menyediakan jalur hingga 20 jalur pada CPU 4.0 sebagai contoh pada Intel® Core™ i9-11900K.

Jalur PCIe memiliki cara kerja yang berbeda – beda jalur pada PCIe CPU akan terhubung langsung pada CPU sedangkan untuk jalur chipset akan terhubung langsung pada CPU dengan melalui DMI.

Jalur chipset memiliki fungsi sebagai pengelola perangkat USB, jaringan ethernet, wifi, serta suara onboard. PCIe 3.0 yang menggunakan jalur 16 hanya memanfaatkan jalur optimal menuju CPU dan mengurangi bandwith sehingga masih sering terjadi kemacetan.

SSD NVMe dan juga SSD m.2 yang menggunakan kartu riser sudah lebih dulu menikmati kecepatan jika dibandingkan dengan drive yang terhubung pada kabel SATA. PCIe memiliki troughtput yang lebih tinggi sehingga memungkinkan untuk SSD NVMe memiliki kinerja yang lebih cepat.

Selain itu, SSD NVMe juga memiliki koneksi langsung menuju motherboard sehingga dapat mengurangi terjadinya latensi. Karena jarak yang dilalui oleh data tidak terlalu jauh tanpa perlu lagi data melalui chipset.

Alasan Update Menjadi PCIe 4.0

PCIe 4.0 ini dirancang untuk dapat memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kecepatan sebelumnya yaitu SSD PCIe 3.0. Keunggulannya dalam hal transfer file besar masih kecil tetapi dari waktu ke waktu kontrol terhadap memori akan segera dirilis sehingga diharapkan kedepannya penggunaan game dan juga aplikasi akan jauh lebih modern.

Teknologi seperti direct storage diharapkan dapat menjadi solusi yang dirancang khusus dalam membantu meningkatkan kinerja dari SSD yang berat dalam menghadapi I/O. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan performa streaming, loading dan desain level.

Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa saat sedang menjalankan game 4K pada 3.0 tidak menujukan saturasi pada bandwith jalur 16. Terdapat perbedaan keunggulan yang tipis antara FPU dengan GPU pada konfigurasi 3.0 dengan 4.0.

Pada generasi yang ke 12 dan generasi yang ke 11 ini memberikan kinerja baru dalam kemudahan untuk upgrade. Sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat menggali potensi dalam PC.

Penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu PCIe 4.0 dan 5.0? Sehingga dalam pembahasan selanjutnya akan lebih paham untuk membahas hal terkait dengan PCIe 4.0 dan 5.0.

Apa Yang Dibutuhkan Pada 4.0 dan 5.0

  • CPU

PCIe 5.0 membutuhkan CPU generasi ke 12 yang mendukung permainan game secara utuh serta dilengkapi dengan 16 jalur PCIe 5.0 dan juga untuk CPU PCIe 4.0 dilengkapi dengan 4 jalur. Bagi generasi ke 11 untuk PCIe 4.0 sengaja dibuat untuk mendukung game dengan 20 jalur.

  • Motherboard

Yang dibutuhkan bagi generasi ke 12 ialah chipset seri 600 dan soket LGA 1700 dan membutuhkan chipset seri 500 dan lini Z5950 atau bisa juga B560 untuk generasi ke 11.

  • Perangkat PCIe 4.0 dan 5.0

SSD PCIe 4.0 menghadirkan pengalaman yang mulus dan juga nyata. Meskipun tidak terdapat GPU dan SSD PCIe 4.0. Generasi selanjutnya dari GPU memanfaatkan throughput slot pada 4.0 serta 5.0 yang digandakan. Perangkat PCIe 3.0 dapat bekerja dengan normal pada PCI 4.0 dan 5.0 karena perangkat yang kompatibel.

Alasan Pentingnya Perangkat PCIe 4.0 dan 5.0

Platform PCIe 4.0 dan platform PCIe 5.0 merupakan perangkat yang sangat fleksibel. Pilihan yang lebih banyak lagi akan tersedia saat Anda memutuskan untuk melakukan pembelian periferal yang baru dan juga akan ada banyak pilihan untuk konfigurasinya. Perangkat PCIe 5.0 akan memiliki lebih banyak waktu sebelum nantinya produk akan memenuhi bandwith.

Banyak dari pengguna yang membuat keputusan mengganti kartu grafis ataupun penyimpanan drive pada satu titik. Perangkat PCIe 5.0 akan mendukung secara maksimal untuk kinerja dari SSD serta GPU yang akan dirilis segera dalam beberapa tahun ke depan.

CPU 20 jalur juga akan memberikan periferal yang penting yaitu koneksi langsung pada CPU dan mengurangi latensi. Meskipun sangat sulit untuk melakukan prediksi mengenai periferal apa yang diinginkan bagi satu hingga dua tahun ke depan tetapi perangkat generasi ke 12 ini dirancang untuk mengoptimalkan performa.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai perangkat PCIe 4.0 dan perangkat PCIe 5.0 dari mulai apa itu PCIe 4.0 dan PCI 5.0? Hingga alasan mengapa perangkat PCIe 4.0 dan 5.0 ini merupakan perangkat yang penting untuk digunakan. Semoga informasi tersebut dapat membantu.

×