Pada artikel ini akan mengulas apa itu Thunderbolt 4? Aktivitas gaming memang banyak digemari oleh berbagai kalangan di tengah kemajuan teknologi. Bahkan tidak sedikit yang rela merakit sendiri berbagai perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut. Hal ini memang dipikir-pikir cukup rumit dan membutuhkan kemampuan tertentu untuk mencapai hasil yang maksimal, namun kehadiran Thunderbolt 4 sangat membantu.

Sebab Port Thunderbolt sudah dirancang sedemikian rupa untuk menghubungkan perangkat menjadi lebih mudah sehingga menjaga ruang untuk gaming lebih aman dan rapih. Apapun yang dibutuhkan baik monitor, keyboard, mouse, webcam untuk streaming, dan lain-lain dapat mudah terhubung.

Lalu apa itu Thunderbolt 4? Secara umum, Thunderbolt merupakan produk dari perusahaan Intel yang sudah beroperasi satu dekade belakangan sebagai sambungan kabel antarmuka. Fitur terpenting dari Thunderbolt terdiri dari Port Thunderbolt (bandwidth kekuatan tinggi sebagai penghubung perangkat berkecepatan tinggi); Kabel Thunderbolt (memastikan sambungan yang berkualitas); dan Aksesoris Thunderbolt (perluasan kapasitas PC dengan docking dan perangkat eksternal).

Manfaat Penggunaan Thunderbolt 4

Jadi terjawab sudah apa itu Thunderbolt 4? Selanjutnya ada beberapa manfaat yang signifikan dirasakan dengan menggunakan bantuan Thunderbolt 4 di antaranya yaitu:

  1. Fleksibilitas

Hal ini berhubungan dengan beberapa port tersedia yang memberikan daya pada perangkat Anda, sementara sisanya melakukan proses transfer data dari perangkat ke PC. Masih terdapat port lainnya yang berguna untuk melakukan transfer sinyal video yang berasal dari PC ke monitor eksternal.

Fleksibilitas yang ditawarkan Thunderbolt 4 mampu membantu Anda untuk melakukan beberapa hal tersebut sekaligus. Tidak hanya menyambungkannya saja, namun juga memiliki kecepatan tinggi dalam proses transfer data, menghasilkan sinyal video, dan mengirimkan daya untuk perangkat kompatibel secara bersamaan.

  1. Bandwidth

Thunderbolt 4 mempunyai bandwidth dua arah 40 Gbps, yang menandakan bahwa data dipindahkan dengan cepat. Di samping itu, lima perangkat dari Thunderbolt dapat saling terhubung untuk mengonfigurasi perangkat secara fleksibel dengan hanya dukungan satu port.

  1. Konektivitas Serbaguna

Thunderbolt 4 sangat kompatibel dengan berbagai standar koneksi seperti versi Thunderbolt sebelumnya, Display Port, USB, PCIe. Bahkan port tersebut dapat menggunakan konektor USB type C standar.

Perangkat yang Dapat Tersambung Dengan Thunderbolt 4

Beberapa perangkat yang dapat tersambung menggunakan bantuan port Thunderbolt 4 ini antara lain sebagai berikut:

  1. Semua Perangkat Thunderbolt

Semua perangkat yang memiliki logo Thunderbolt dapat tersambung termasuk di dalamnya dari dock, penyimpanan, monitor, dan webcam. Apabila perangkat jenis Thunderbolt 3 maka dapat langsung terhubung, sementara jenis yang lebih lama diperlukan adaptor untuk menyambungkannya.

  1. Monitor Eksternal

Monitor eksternal dapat tersambung menggunakan satu port Thunderbolt 4 hingga dua monitor DisplayPort ataupun HDP 4K 60 HZ. Sambungan tersebut terhubung menggunakan dock kompatibel atau adaptor. Namun untuk jenis monitor yang memang dikhususkan untuk Thunderbolt maka dapat tersambung secara langsung.

  1. Media Penyimpanan

Agar kapasitas penyimpanan pada sistem menjadi lebih luas maka Anda dapat menghubungkannya dengan SSD Thunderbolt eksternal, Sambungan ini dapat membuat kekuatannya dapat disetarakan dengan penggunaan drive internal.

  1. Periferal USB

Yang dimaksudkan di sini yaitu Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat USB untuk menunjang kemudahan dalam bermain game. Di antaranya yaitu keyboard, mouse, headset gaming, dan kontroler.

  1. PCIe atau Perangkat PCI Express

Agar dapat melakukan akses dengan perangkat PCIe kompatibel maka Anda dapat memanfaatkan chassis ekspansi PCIe. Di antaranya yaitu perangkat webcam yang digunakan untuk melakukan live streaming game.

  1. Jaringan atau Koneksi

Anda dapat menghubungkan jaringan Ethernet 10 Gb dengan kecepatan tinggi melalui kabel Thunderbolt untuk menyambungkan dua komputer ke dalam jaringan peer to peer. Hal ini dapat membantu Anda melakukan transfer data dengan volume besar yang berasal dari satu PC ke lainnya.

  1. Pengisian Daya

Anda dapat melakukan pengisian daya melalui port Thunderbolt 4 seperti handphone, notebook ringan dengan kapasitas kurang dari 100 w, serta berbagai USB kompatibel lainnya.

Fitur Baru di Thunderbolt 4

Dari penjelasan di atas tentu sudah menjawab apa itu Thunderbolt 4? Nah, sebagai generasi terbaru seperti yang dapat dijumpai pada PC yang didukung prosesor Intel Core Gen 11, maka tentu saja memiliki fitur baru yang berbeda. Beberapa peningkatan fitur tersebut jika dibandingkan dengan versi Thunderbolt 3 di antaranya yaitu:

  • Kecepatan

Port Thunderbolt 4 mempunyai bandwidth sebesar 40 Gbps. Meskipun sama dengan yang dimiliki oleh Thunderbolt 3 tetapi persyaratan dari data PCIe sudah meningkat dari 16 Gbps menjadi 32 Gbps. Hal ini memungkinkan adanya perangkat PCIe eksternal seperti grafis eksternal dan penyimpanan yang dapat memiliki performa dan laju transfer yang sangat cepat.

  • Keamanan

Adanya fitur DMA berbasis VT-d dapat membantu untuk mencegah adanya ancaman keamanan. Cara kerjanya yaitu memetakan kembali permintaan yang berasal dari perangkat eksternal serta memeriksa izin.

  • Bangun dari Mode Tidur

Adanya tambahan fitur ini membantu PC Anda keluar dari mode hibernasi, dengan menggunakan periferal yang tersambung lewat dock.

Manfaat Docking Thunderbolt 4

Manfaat dari docking Thunderbolt 4 di antaranya yaitu:

  1. Ekspansi Port

Anda dapat meningkatkan jumlah perangkat yang tersambung ke PC ataupun laptop menggunakan dock Thunderbolt 4. Sebagai contoh Anda menghubungkan keyboard, mouse, SSD, dan monitor eksternal ke dock, selanjutnya ke PC hanya dengan menggunakan satu kabel Thunderbolt 4. Dukungan jenis port bervariasi bergantung pada model dan design dari dock namun Thunderbolt 4 sudah meningkatnya jumlah port tersedia serta tambahan USB 3.0 Type A, Audio, dan DisplayPort.

  1. Kemudahan Throughput

Melalui kecepatannya yang mencapai 40 Gbps maka mampu memudahkan proses transfer dengan performa tinggi. Misalnya SSD dan monitor dengan kecepatan tinggi kemudian menggunakan kecepatan sesuai kebutuhan tanpa harus membebani kapasitas port. Sinyal video yang keluar pun tidak saling bertabrakan dengan masuknya data dari periferal karena sifat bandwidthnya yang dua arah.

  1. Manajemen Kabel

Anda dapat menggunakan dock agar ruang gaming menjadi rapih meskipun semua aksesoris gaming terhubung ke pusat dan tidak terhubung langsung ke PC. Dengan menggunakan satu kabel saja, maka area gaming Anda pun akan terlihat rapih dan bersih.

  1. Mobilitas

Anda cukup melepaskan satu kabel saja apabila ingin berpindah tempat, tidak harus melepaskan beberapa kabel karena banyaknya perangkat yang tersambung.

Manfaat Thunderbolt 4 Sebagai Penyederhanaan Kabel

Manfaat yang dapat dirasakan jika mengganti kabel USB di rakitan gaming dengan menggunakan Thunderbolt 4 terkait dengan penggunaan kabel di antaranya yaitu:

  1. Sederhana

Banyaknya revisi yang dilakukan terhadap kabel USB maka dapat membuat Anda bingung untuk mencari jenis kabel yang tepat. Namun menggunakan Thunderbolt 4, maka Anda hanya membutuhkan satu port saja yang dapat melakukan berbagai hal.

  1. Mudah Mengenali Kabel

Semua konektor yang dimiliki Thunderbolt 4 ditandai dengan menggunakan logo Thunderbolt 4 sehingga sangat mudah untuk mengidentifikasinya.

Kecanggihan Thunderbolt 4 sudah tidak diragukan lagi dengan manfaatnya yang sangat serbaguna untuk menghubungkan berbagai monitor dan aksesoris gaming dengan kecepatan tinggi. Selain itu, performa eksternal pun sangatlah hebat sehingga memungkinkan segala penyimpanan terintegrasi. Demikian informasi yang menjawab apa itu Thunderbolt 4?

×