Game dan teknologi virtual reality (VR) sudah semakin maju secara signifikan sejak diluncurkan secara komersial pada tahun 2016 silam. Tentunya, PC VR: PC terbaik untuk gaming VR semakin dibutuhkan.

Tidak mengherankan jika para pengembang dan teknisi software maupun hardware semakin didorong untuk memungkinkan pengembangan yang lebih optimal sehingga PC yang tepat untuk teknologi VR ini semakin penting.

Inovasi Headset

Ekosistem VR saat ini telah berkembang dengan pesat dan sudah terdiversifikasi untuk berbagai penggunaan. Dalam dunia VR, headset sudah berkembang menggunakan sejumlah inovasi seperti:

  • Headset all-in-one
  • Menggunakan sistem mandiri seperti Oculus Go dan Oculus Quest yang tidak memerlukan PC untuk penggunaannya. Sistem ini mengandalkan perangkat keras mobile dan merupakan evolusi dari versi headset VR lama.
  • Headset inside-out
  • Memiliki sensor pelacak posisi VR secara bawaan. Biasanya, headset ini mempunyai kecepatan refresh sebesar 90 Hz dengan layar yang resolusinya cukup tinggi dan tidak memerlukan komputer saat memfungsikannya.
  • Headset kelas-atas
  • Spesifikasi pada headset ini semakin meningkat dan terus bermunculan. Spesifikasi saat ini sudah melebihi generasi pertama Oculus Rift CV1 dengan resolusi 1080×1200 pada 90 Hz.

Seiring semakin meningkatkan spesifikasi pada headset, tentunya kebutuhan perangkat keras juga semakin meningkat. Headset kelas atas tentu akan membutuhkan PC yang sebanding supaya berfungsi secara maksimal.

Kebutuhan Perangkat Keras

Game VR yang semakin berkembang tentu sejalan dengan perkembangan perangkat keras. Misalnya dengan headset all-in-one, jenis game yang dapat dimainkan akan terbatas pada perangkat keras bawaan dari perangkat tersebut. Biasanya, game terdiri dari game berukuran kecil seperti Angry Birds VR: Isle of Pigs, hingga game yang cukup besar seperti Superhot VR: Beat Saber.

Kebutuhan sistem yang lebih tinggi untuk bermain game VR tentu juga berpengaruh pada kebutuhan sistem minimum yang dibutuhkan setiap komputer. Adapun spesifikasi minimal yang perlu disiapkan misalnya:

  • CPU: Processor Intel Core i5-7500 Gen7
  • GPU: GTX 1060/RX 580
  • RAM: 12 GB

Cukup berbeda dengan game VR yang dirilis pada tahun 2016, Anda cukup menyediakan perangkat dengan spesifikasi seperti berikut.

  • CPU: Processor Intel Core i5-4590 Gen4
  • GPU: GTX 970/R9 290
  • RAM: 4 GB

Salah satu alasan peningkatan tersebut adalah keakuratan visual game yang juga semakin meningkat. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut karena kebutuhan game semakin tinggi.

Kebutuhan game yang besar juga menyebabkan banyak perilisan VR. Perangkat keras dengan kualitas terbaik dibutuhkan untuk mendorong frame-rate dan mendukung kemajuan grafis.

Pemilihan PC yang Tepat

Pada waktu Anda akan memilih PC, mulailah dengan pertimbangan mengenai headset mana yang akan diinginkan. Selanjutnya, Anda dapat langsung memilih komponen yang sesuai sebagai satu kesatuan untuk menyeimbangkan sistem VR.

Sistem VR perlu memiliki komponen yang mendukung performa. Pemilihan PC VR: PC terbaik untuk gaming VR yang tepat akan menghasilkan performa yang terbaik. Untuk headset inside-out misalnya, kecepatan refresh antara 80-90 Hz sedangkan headset kelas atas bisa menghasilkan hingga 144 Hz kecepatan refresh.

Frame-rate yang dihasilkan harus mampu melebihi angka di atas. Apabila kurang, tentunya frame-rate tidak akan stabil yang pada akhirnya akan berdampak negatif. Ada baiknya Anda juga memeriksa benchmark jenis game yang akan dimainkan sehingga dapat diketahui apakah komponen tersebut mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Dengan demikian, PC untuk VR setidaknya harus memenuhi kebutuhan minimum yang sudah ditetapkan oleh produsen headset. Kalau spesifikasinya terbatas, game tidak akan berjalan maksimal, apalagi di masa mendatang VR akan terus berkembang dengan pesat.

Portabilitas dan Kemampuan PC

Ketika gelombang pertama sistem VR meluncur pada tahun 2016, sistem VR secara portabel kelas atas belum tersedia untuk banyak konsumen.

Saat ini, perangkat VR biasanya sudah mengandalkan sensor eksternal, termasuk pada kamera dan lighthouse untuk melacak gerakan pemain. Terlebih, sensor ini cukup terbatas karena harus hati-hati saat pemasangan dan kurang praktis dibawa ke mana saja.

Oleh karena itu, headset inside-out yang tinggal pasang dan pakai bisa dijadikan solusi VR portabel yang sesuai apabila dipasangkan dengan laptop.

Meskipun secara kemampuan headset kelas bawah memiliki gerakan yang terbatas, headset inside-out pada kenyataannya menawarkan enam tingkatan kebebasan (6DOF) yang dapat menghitung pergerakan ke berbagai arah, baik atas, bawah, kiri, kanan, depan, bahkan ke belakang.

Perangkat tersebut juga cocok untuk dibawa bepergian karena lebih praktis dan dapat dimainkan secara multipemain sehingga dapat dinikmati bersama dengan banyak orang.

Imersi Maksimum

Teknologi VR kelas atas yang dijalankan pada PC dengan spesifikasi tinggi bisa memberikan animasi yang lebih halus dan latensi yang lebih sedikit. Akan tetapi, fitur lain juga dapat ditambahkan untuk meningkatkan tingkat imersi sehingga lebih ergonomis, terkontrol, dan meningkatkan setiap aspek pengalaman pemain.

Sebagai contoh kontroler Valve Index yang kompatibel dengan headset HTC Vive meningkatkan antarmuka pengguna dengan adanya 87 sensor untuk melacak posisi tangan dan jari pemain. Dengan begitu, perangkat ini memungkinkan interaksi alami dengan objek pada VR yang bisa mengganti opsi menekan tombol seperti gerakan melempar cakram.

Ada juga Vive Tracker sebagai pelacak gerakan yang kecil dan ringan sehingga dapat diikat ke badan untuk meningkatkan presisi. Dengan begitu, avatar atau animasi pada game akan lebih selaras dengan gerakan tubuh dari para pemain.

Dengan adanya teknologi yang meningkat, ruang permainan juga bisa lebih disesuaikan. Area bermain bisa lebih luas dan tersedia bidang pandang yang lebih lebar sehingga akurasi pelacakan bisa menjadi lebih tinggi.

Optimasi lain bisa dibuat pada lighthouse yang terpasang, manajemen kabel, hingga karpet yang dapat digunakan untuk menandai batas akses. Dengan begitu, Anda yang mempunyai ruangan khusus VR bisa lebih optimal dan dapat menghemat waktu sebelum masuk ke dalam game.

Rekomendasi Spesifikasi untuk PC VR

Game VR yang terus meningkat tentunya menunjukkan pembaruan teknologi yang semakin baru. Pelacakan mata dan layar lengkung bisa mewujudkan sudut pandang yang lebih alami.

Apabila Anda ingin bermain game VR terbaru secara portabel di laptop atau bahkan menggunakan PC di ruangan khusus, tentunya membutuhkan spesifikasi yang lebih sesuai. Adapun rekomendasi sistem yang dimaksud sebagai berikut, terutama pada sistem Intel.

Desktop VR

  • CPU: Prosesor gaming Intel® Core™ i9 terbaru
  • GPU: mampu mencapai 144 fps
  • RAM: 16 GB DDR4-266
  • SSD: 1 TB atau lebih

Laptop VR

  • CPU: Prosesor gaming Intel® Core™ i7 terbaru
  • GPU: mampu mencapai 90 fps
  • RAM: 16 GB DDR4-266
  • SSD: 1 TB atau lebih

Demikian beberapa hal terkait PC VR: PC terbaik untuk gaming VR yang perlu Anda ketahui. Nah, apabila ingin memainkan game tersebut, pastikan sudah memilih perangkat yang sesuai ya. Selamat bermain!

×