Pada artikel ini akan dibahas lengkap mengenai cara mengaplikasikan pasta termal dan cara kerjanya dengan lengkap. Apabila Anda tertarik dalam dunia perakitan PC pastinya sudah pernah mendengar mengenai apa itu pasta termal.

Pasta termal ini disebut juga dengan pelumas termal, pasta CPU, pasta panas, thermal Interface Material atau ITM, gel termal dan banyak istilah lain untuk menyebut pasta termal ini. Pengaplikasian dari pasta termal dengan benar sangatlah penting dalam memastikan CPU dapat bekerja dengan baik.

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari pasta termal dan juga cara untuk mengoleskannya pada saat bekerja dengan CPU.

Waktu Pengaplikasian Pasta Termal Yang Tepat

Apabila dilihat dari hal perakitan PC maka pasta termal ini digunakan untuk pendinginan CPU. Pasta termal ini digunakan untuk pada saat pemasangan solusi pendinginan. Pada saat pembelian kartu grafis pasta termal ini juga sudah terintegrasi.

Tidak perlu lagi khawatir terkait pemasangan pendingin pada GPU terkecuali jika Anda tertari pada pendingin khusus. Pada CPU, Anda dapat memilih sendiri pendingin yang ingin digunakan dengan catatan Anda perlu memasangnya sendiri.

Istilah Penting Pada Pasta Termal Yang Harus Diketahui

Dalam menjelaskan mengenai fungsi – fungsi dari pasta termal ada banyak sekali istilah yang harus diketahui terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah untuk memahami pembahasan dari pasta termal.

  • CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan tempat dimana pemrosesan informasi pada suatu PC dibuat. Pada CPU ini semua perintah operasional dijalankan dan mengirimkan perintah untuk perangkat keras pada komputer.

CPU ini diibaratkan sebagai otak dari komputer yang memiliki peranan penting pada PC untuk dapat beroperasi dengan baik. Pada saat CPU beroperasi akan menghasilkan volume yang tinggi dan akan menghasilkan panas.

Agar CPU dapat beroperasi dengan baik diperlukan pendinginan sehingga perangkat tidak terlalu panas dalam menjalankan suatu program. Untuk itulah diperlukan pengetahuan mengenai cara mengaplikasikan pasta termal dan cara kerjanya dengan lengkap.

  • IHS (Integrated Heat Spreader)

IHS ini merupakan sebuah penutup CPU yang dibuat dari logam. IHS ini memiliki fungsi untuk menurunkan panas serta dirancang khusus untuk melakukan pendistribusian panas dari prosesor menuju pendingin CPU.

Selain itu, IHS juga memiliki fungsi untuk perlindungan pada bagian dalam CPU. Penutup IHS ini merupakan salah satu bagian dari CPU yang juga masih terpapar panas dan menjadi permukaan dioleskannya pasta termal.

  • Pendingin CPU

Pendingin CPU ini bertugas untuk membuat CPU dapat berjalan secara maksimal pada suhu yang optimal. Pendingin ini biasanya menggunakan cairan atau udara untuk memindahkan panas sehingga suhu pada CPU tetap optimal dan kinerja tetap terjaga.

  • Waterblock

Waterblock ini melekat pada IHS yang akan menyebarkan panas dari IHS ke cairan transfer yang kemudian akan memindahkan panas kembali melalui kipas yang ada di radiator.

  • Pasta Termal

Zat abu keperakan yang akan dioleskan pada prosesor sebelum Anda memasang solusi pendingin. Keberadaan pasta termal ini dapat membuat efisiensi pada IHS untuk menyebarkan panas ke waterblock.

Alasan Pemasangan Pasta Termal

Pasta termal ini membantu kinerja dari CPU untuk tetap optimal dengan sedikit mengurangi masalah performa pada pendingin CPU. Dudukan logam pendingin CPU serta IHS memiliki pelat logam yang tidak sempurna sehingga membuat kinerjanya dalam mendinginkan CPU tidak sempurna.

Hal tersebut akan membuat transfer panas menjadi tidak efektif. Kedua permukaan yang tidak menempel secara sempurna ini membuat pasta termal harus mengisi celah tersebut sehingga transfer panas dapat dilakukan secara maksimal.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Pemasangan Pasta Termal

Pendingin CPU memerlukan pasta termal untuk dapat menjalankan tugasnya dalam mendistribusikan panas. Tetapi sebagian dari pasta termal sudah diberikan langsung dari pabrik.

Untuk mengetahui apakah pasta termal sudah diberikan oleh pabrik atau belum Anda perlu memeriksa bagian waterblock. Apabila terdapat warna abu keperakan pada bagian bawah maka pasta termal sudah diberikan sehingga tidak perlu lagi memberikan pasta termal saat pemasangan pendingin CPU.

Sebelum pengaplikasian pasta termal ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pengaplikasian pasta termal.

  • Sebelum memasang pasta termal kondisi CPU harus dalam keadaan yang bersih dari sisa pasta termal sebelumnya. Pasta termal yang lama disingkirkan dengan menggunakan alkohol isoprofil serta kain dengan serat mikro.

Bisa juga di lap menggunakan kertas tisu yang tidak mudah sobek. Tunggu hingga kering sebelum diaplikasikan pasta termal baru.

  • Sebelum diaplikasikan pastikan bahwa bagian lain dari CPU juga sudah siap untuk digunakan. Sebaiknya Anda membaca petunjuk pemakaian sehingga tidak salah dalam pemasangan dan lainnya.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Penggunaan pasta termal tidak boleh berlebihan hanya sebesar kacang polong. Jika jumlahnya kurang maka tidak bisa mengcover semua bagian yang perlu ditutup. Jika jumlahnya berlebih bisa saja tumpah ke motherboard karena jarak antara permukaan logam menjadi semakin jauh.
  • Biarkan tekanan dari waterblock yang meratakan pasta termal tersebut. Jangan ratakan dengan tangan. Apabila pada saat pemberian secara manual tidak benar dapat menimbulkan gelembung yang membuat dampak negatif pada konduktivitas.
  • Jangan gunakan lagi pasta yang sudah digunakan karena dapat menimbulkan gelembung.

Langkah Pemasangan Pasta Termal

  • Baca petunjuk penggunaan sebelum memasang. Setiap merk mempunyai cara pemasangan yang berbeda.
  • Pasta termal dioleskan ke bagian tengah dari IHS. Jika sebelumnya sudah diolehkan oleh pabrik maka tidak perlu melakukan hal ini.
  • Pasang pendingin CPU dengan menekan waterblock ke arah atas dan bawah. Jangan kencangkan salah satu sekrup secara langsung melainkan putar semua terlebih dahulu sehingga tekanannya sama.
  • Periksa lagi yang sudah Anda pasang jangan sampai ada pasta termal yang tumpah. Jika terdapat tumpahan bersihkan menggunakan alkohol dan ulangi kembali proses pemasangan pasta termal seperti awal.

Pastikan tidak tumpah dan pendingin tidak goyah saat disentuh. Lalu, proses selesai dilakukan.

Berapa Lama Waktu Untuk Mengganti Pasta Termal?

Sebenarnya pengaplikasian pasta termal ini dalam jangka waktu lama tetapi apabila pendingin CPU tiba – tiba dilepas maka pemasangan pasta termal yang baru perlu dipertimbangkan.

Selain itu, apabila suhu pada CPU meningkat maka Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti pasta termal.

Membuat Perangkat Tetap Dingin

Meskipun pembahasan mengenai pasta termal ini tidak sebanyak pembahasan mengenai perangkat keras lainnya tetapi peranan dari pasta termal tidak bisa dikesampingkan. Perangkat akan tetap dalam kondisi dingin atau suhu optimal bagi CPU sehingga kinerjanya tidak akan terhambat.

Pasta termal yang memiliki peranan sangat penting memang sering kali tidak pernah dibahas dimanapun. Padahal kondisi perangkat tetap optimal salah satunya karena keberadaan dari pasta termal ini. Itulah pentingnya mengetahui cara mengaplikasikan pasta termal dan cara kerjanya.

×