Pernahkah Anda mendengar tentang SSD atau HDD? Keduanya merupakan tempat penyimpanan file yang biasanya digunakan oleh komputer. Meskipun sama-sama tempat penyimpanan, namun Anda harus memilih mana yang tepat untuk komputer Anda.

SSD merupakan sebuah standar baru dalam penyimpanan. Sedangkan HDD merupakan standar lama penyimpanan yang masih berguna sampai saat ini. Jika Anda bingung bagaimana membedakan keduanya dan mencari pilihan yang terbaik, maka simak artikel ini sampai selesai.

HDD vs SSD untuk Bermain Game, Mana yang Terbaik?

Ada perbedaan yang mencolok antara SSD dan HDD terutama untuk bermain game. Jika Anda menggunakan SSD, maka Anda penyimpanan ini dapat memuat game lebih banyak dan mentransfer data jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Namun untuk menggunakan SSD, Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk hitungan per gigabyte. Jadi ketika Anda memilih SSD, Anda juga perlu melihat kecepatan tulis atau baca ketika mengukur performa.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan dan tanpa macet-macet, maka Anda juga harus memilih GPU dan CPU.

Namun pilihan drive penyimpanan akan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam bermain game. Sebab semakin bagus kualitas dan kapasitas penyimpanan, maka bisa memuat banyak game dan menjalankannya dengan lancar.

Pada SSD, penyimpanan ini lebih cepat dan bisa mengurangi waktu pemuatan. Selain itu SSD juga bisa meningkatkan respons sistem.

Berbeda dengan HDD yang justru lebih lambat dan harus ada waktu tunggu ketika ingin bermain game. Jadi pilihan HDD sebenarnya masih jauh dari kata sempurna.

Banyak orang yang masih mempertimbangkan pilihan antara SSD vs HDD untuk bermain game. Sebab sangat penting untuk kita menemukan drive penyimpanan yang tepat agar sesuai anggaran dan tujuan kita.

Perbedaan Performa dan Harga SSD vs HDD

SSD dan HDD memiliki performa yang menentukan kualitas dan harganya. Tentu saja Anda harus mengetahui perbedaan ini agar memilih penyimpanan yang terbaik.

SSD atau Solid State Drive menggunakan memori penyimpanan berbasis flash yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Jadi SSD tidak memiliki komponen penyimpanan yang bergerak.

Selain itu SSD juga memiliki kecepatan tulis atau baca yang lebih tinggi dibanding HDD. Apalagi akses yang lebih pendek serta biaya penyimpanan yang dihitung per gigabyte juga lebih tinggi.

Sedangkan HDD atau Hard Disk Drive menggunakan media penyimpanan magnetis yang bisa berputar saat menyimpan data. Penyimpanan ini bisa diakses dan mirip seperti pemutar rekaman.

HDD memiliki kecepatan tulis dan baca yang rendah dan waktu akses yang tinggi. Namun untuk biaya per gigabyte jauh lebih rendah dibanding SSD.

Performa Penyimpanan SSD vs HDD

Hal yang bisa digunakan dalam menilai performa penyimpanan adalah terkait kecepatan tulis dan baca serta waktu yang diperlukan ketika menyimpan dan mengambil data.

berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika menilai performa penyimpanan:

  • Kecepatan Tulis/Baca Berurutan

Ini merupakan cara mengukur performa paling umum. Misalnya untuk menyalin atau menempel file dengan jumlah yang besar ke disk. Kecepatan bisa diukur dalam Mb/s.

  • Kecepatan Tulis/Baca Acak

Ukuran performa ini bisa menggunakan data yang berada di sekitar drive serta memerlukan waktu lebih lama ketika menulis atau membaca file. Ini bisa dilihat ketika Anda bermain game atau menggunakan aplikasi lain yang ringan.

  • Benchmark Sintetis

Ini biasanya dilakukan ketika memasarkan drive penyimpanan oleh produsen.

Perbedaan SSD NVMe vs SSD SATA

Setelah melihat bagaimana performa antara SSD dan HDD, maka ketika Anda mencari ssd akan menemukan dua format berbeda yakni NVMe dan SATA III. Berikut ini perbedaannya:

  • SATA III

Ini merupakan kabel yang bisa bekerja menggunakan protocol SATA agar bisa menghubungkan banyak HDD dan SSD ke motherboard PC.

  • NVMe

Ini merupakan protocol yang baru dan bisa melakukan koneksi langsung ke PCIe motherboard dan akan memberikan throughput yang lebih tinggi.

HDD vs SSD untuk bermain game tentu saja yang bisa mentransfer data dengan cepat dan mendukung format yang digunakan oleh komputer Anda.

Perbedaan Bentuk SSD vs HDD

Ada beberapa perbedaan bentuk yang tidak hanya sekedar perbedaan fisik saja. Namun perbedaan bentuk ini juga bisa menentukan drive akan terhubung dan bisa berkomunikasi ke motherboard PC Anda.

Berikut ini beberapa perbedaan bentuknya:

  • 2,5 inci

SSD dengan ukuran 2,5 inci ini mirip dengan drive mekanis. Penyimpanan ini biasanya menggunakan SATA III serta memerlukan kabel data dan daya yang harus terpisah.

Namun untuk bentuk NVMe bisa lebih cepat dan menjadi standar baru untuk pengguna SSD.

  • 2

Driver penyimpanan ini bentuknya segi empat yang tipis dan kecil, bahkan mirip permen karet. Drive ini bisa langsung dipasang ke slot M.2 di motherboard.

Lalu drive ini juga bisa menggunakan transfer NVMe dan beberapa perangkat lama biasanya menggunakan SATA. Konektor pada drive ini bisa dibedakan secara khusus agar bisa menghindari dari soket yang tidak kompatibel.

  • AIC

Drive ini langsung terhubung ke PCIE motherboard.

Alasan Menggunakan HDD

HDD menjadi penyimpanan yang lebih lambat dan kurang tahan lama dibanding dengan SSD. Namun ada alasan bagus jika Anda ingin memilih HDD yakni terkait kapasitasnya.

HDD memiliki kapasitas penyimpanan sekunder yang murah dan bisa memberikan ruang tambahan terabyte agar bisa menyimpan semua data yang Anda tidak bisa simpan di SSD.

HDD memiliki kecepatan piringan yang menjadi faktor utama untuk menentukan kecepatan tulis/baca. Ini merupakan drive dengan performa tinggi yang bisa memiliki kecepatan 7.200 RPM. Semakin tinggi kecepatan semakin memiliki performa baik.

Bentuk HDD biasanya 2,5 inci atau 3,5 inci dan keduanya menggunakan kabel SATA III serta harus menggunakan kabel terpisah.

Mana Pilihan Terbaik antara SSD atau HDD?

Beralih dari penggunaan HDD ke SSD merupakan sebuah peningkatan yang bisa Anda lakukan terutama untuk bermain game. Sebab semakin tinggi kecepatan yang dimiliki penyimpanan, maka performanya makin baik.

Jika Anda memutuskan menggunakan SSD, tentu saja Anda harus menyiapkan anggaran yang lebih besar. Berikut ini kami rekomendasikan drive Memori Intel SSD Optane H10 yang memiliki densitas tinggi.

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari latensi rendah. Apalagi performanya sangat tinggi dan bisa memberikan ruang hingga 1 TB untuk file dan game Anda.

Semakin besar ruang yang diberikan, maka kecepatan semakin tinggi. Ini sangat cocok untuk instalasi game yang lebih besar dan Anda bisa mendapatkan manfaat lainnya.

Pilihan antara HDD vs SSD untuk bermain game jauh lebih baik memilih SSD. Sebab SSD memiliki performa yang sangat baik dan berkapasitas sangat besar terutama untuk game yang sering Anda mainkan dan beberapa aplikasi yang membutuhkan memori penyimpanan yang besar.

×