Walaupun performa yang dimiliki oleh laptop khusus gaming tidak sebaik PC Dekstop Gaming, namun harga dan komponennya tidak jauh berbeda. Beberapa pemain game, lebih memilih untuk membeli laptop gaming karena dapat digunakan dimana saja, dengan kata lain portabilitas yang tinggi.

Meskipun demikian, jika Anda tertarik untuk membeli laptop gaming, Anda tidak perlu melihat dari spesifikasinya yang harus tinggi, melainkan faktor-faktor seperti monitor, pendingin, dan keyboard yang digunakan pada laptop gaming.

Berikut ini akan kami berikan sedikit ulasan tentang tips membeli laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda dan bisa Anda beli di toko komputer di Medan juga tentunya.

Panduan Singkat

  • Prioritaskan GPU

Pastikan untuk memilih laptop gaming dengan GPU terbaik sehingga dapat digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Karena hampir semua game yang dimainkan bergantung pada kualitas GPU yang dimiliki oleh perangkat laptop maupun PC.

  • Upgradeable

Tidak sedikit laptop gaming yang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan upgrade pada RAM dan ruang penyimpanan. Pastikan Anda memilih laptop dengan rencana upgrade diawal sehingga dapat bekerja secara optimal.

  • Monitor

Pastikan monitor pada laptop gaming memiliki resolusi atau refresh rate yang sesuai untuk digunakan bermain game. GPU pada laptop akan bekerja lebih berat jika monitor yang digunakan memiliki refresh rate yang tinggi. Pastikan Anda memilih laptop dengan refresh rate yang rendah seperti resolusi 4K.

  • Keyboard

Keyboard yang baik dan bagus dapat membuat pemain game dapat bermain game secara nyaman. Serta tidak perlu lagi membawa keyboard khusus gaming yang hanya menambah beban saat berada di luar ruangan.

  • Baterai

Tidak perlu repot memikirkan kapasitas baterai yang besar, sebab kebanyakan laptop gaming hanya membutuhkan power adaptor sehingga dapat bekerja secara maksimal.

Graphic Processing Unit

GPU atau Graphic Processing Unit pada laptop gaming secara umum berasal dari kelas AMD Radeon RX 560 atau Nvidia GeForce GTX 1050. Akan tetapi, harga laptop gaming tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan laptop untuk bisnis dan bekerja.

Terdapat beberapa tingkatan pada GPU diskrit yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih laptop khusus gaming.

  • Low Budget Gaming – Kelas “bisnis”

Laptop khusus gaming dengan harga di bawah 10 juta serta menggunakan GUP diskrit VRAM GDDR5 dapat menjadi pilihan paling murah bagi Anda yang ingin membeli laptop khusus gaming. GPU kelas bawah ini dapat digunakan pada game dengan resolusi HD maupun FullHD.

  • Entry Level Gaming – Kelas mainstream

Jika Anda memiliki budget yang sedikit lebih banyak, maka Anda memasuki kelas laptop gaming yang sesungguhnya yaitu Entry Level Gaming. Harga laptop gaming pada kelas ini berkisar antara 10 – 15 juta rupiah, namun memiliki GPU Nvidia GeForce GTX 1050 yang sangat mendukung pemain game profesional.

  • Mid End Gaming – Kelas performance

Dengan budget 16 – 20 juta rupiah, Anda bisa membeli laptop gaming di kelas performance. Pasalnya laptop dengan kisaran harga ini dapat memiliki GPU varian Max Q atau Nvidia GTX 1060, dengan tampilan fisik yang lebih ringan dan tipis.

  • High End Gaming – Kelas sultan VR

Bagi Anda yang memiliki budget berlebih, maka Anda dapat memilih laptop gaming dengan budget diatas 20 juta rupiah. Anda bisa mendapatkan laptop gaming yang dilengkapi dengan game VR (virtual reality) sehingga bermain game terasa lebih nyata, tentunya dengan resolusi gambar diatas FullHD.

Prosesor

Prosesor merupakan bagian terpenting selain GPU yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih laptop khusus gaming. Untuk mendapatkan laptop di kelas gaming yang sesungguhnya, prosesor yang digunakan haruslah intel dengan berakhiran HQ yang merupakan prosesor dengan performa terbaik.

RAM

Agar semua game yang dimainkan pada laptop gaming dapat berjalan dengan baik, setidaknya membutuhkan RAM dengan kapasitas 16 GB. Jika Anda memilih laptop gaming di kelas murah, umumnya hanya memiliki RAM sebesar 8GB namun sudah cukup untuk memainkan game yang tersedia saat ini.

Storage

SSD penting untuk kecepatan loading saat bermain game, kami sarankan untuk menggunakan hard disk 2.5 inch yang memiliki kecepatan 7200 RPM jika Anda tidak memiliki budget yang banyak.

Monitor

Tampilan pada monitor sangat berpengaruh pada pengalaman bermain game melalui laptop gaming, sehingga Anda perlu memperhatikan Resolusi, Refresh rate, Nvidia G-Sync and AMD Free Sync, Ukuran, dan Touch Screen saat memilih laptop gaming.

Keyboard

Kebanyakan keyboard pada laptop gaming menawarkan fitur LED Backlight, namun Anda juga dapat memperhatikan beberapa fitur yang dimiliki keyboard gaming seperti actuation, key travel, anti-ghosting dan n-key rollower, dan backlight.

Merk Laptop Khusus Gaming

  • Asus ROG dan Zephyrus

Asus memiliki laptop ROG (Republik of Gamers) dan Zephyrus sebagai kelas tertinggi, merupakan laptop khusus gaming yang lengkap dengan pengaturan RGB pada Keyboard aura core dan juga aplikasi untuk mengecek suhu penggunaan RAM, GPU, prosesor, dan penyimpanan SSD maupun HDD.

  • Acer Predator dan Nitro

Meskipun harga dari laptop khusus gaming keluaran Acer terbilang sangat murah, namun tidak murahan. Laptop gaming seri Nitro merupakan laptop gaming pertama yang memiliki curved monitor, yaitu Predator 21X.

  • Dell Alienware

Merk laptop gaming selanjutnya yaitu Dell dengan seri Alienware, meskipun telah mengeluarkan berbagai macam jenis keyboard yang dilengkapi makro, namun merek laptop ini termasuk merek yang terlambat menambahkan keyboardnya dengan fitur RGB.

  • HP Omen

Meskipun bentuk laptop Omen dari merek HP memiliki tampilan klasik, namun tetap memiliki keindahan yang estetik sebagai laptop gaming. Omen memiliki software Omen Command Center untuk membantu mengatur dan mengontrol penggunaan RAM, GPU, prosesor, serta media penyimpanan.

  • Gigabyte Aorus

Merek laptop khusus untuk gaming yang terkenal selanjutnya yaitu Gigabyte, kali ini menawarkan laptop khusus gaming dalam 2 jenis yaitu merek Gigabyte dan merek Aorus.

Untuk merek Gigabyte, bentuknya lebih elegan dan lebih tipis, serta performansi yang lebih tinggi. sedangkan merek Aorus menawarkan software Command dan Control untuk pengecekan GPU yang mudah.

  • Lenovo Legion

Lenovo juga memiliki laptop gaming namun dengan ukuran yang lebih minimalis yaitu seri Legion. Software utilitas yang Anda dapatkan dari laptop gaming merek ini yaitu Lenovo Vantage.

  • MSI

Laptop gaming buatan MSI cukup popular karena memiliki ukuran yang lebih besar dengan warna hitam dan merah, serta ciri khas yang berupa logo Naga Merah MSI. Software utilitas yang ditawarkan yaitu Dragon Center Software yang berfungsi untuk mengatur serta mengecek semua fungsi dan fitur laptop.

  • Razer

Razer merupakan salah satu merek laptop gaming yang memiliki tampilan paling stylist diantara merek lainnya. laptop gaming ini memiliki warna hitam dan hijau yang dilengkapi juga dengan RGB Chroma untuk menciptakan periphral sehingga sangat keren. Software utilitas juga dapat Anda temukan pada Razer Synapse.

×