Saat menggunakan komputer (PC), kamu dapat melihat hasil komputasi dari layar komputer. Dengan kata lain, monitor merupakan output utama dalam sebuah PC (personal computer). Jika Anda berniat untuk membeli monitor sebaiknya Anda memperhatikan spesifikasi dengan seksama.

Spesifikasi monitor yang perlu Anda cek mulai dari ukuran, tipe panel, response time, resolusi, dan refresh rate. Tidak perlu bingung, artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui setiap spesifikasi monitor PC komputer yang baik sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih monitor.

Tidak hanya spesifikasi yang perlu diperhatikan, namun Anda juga perlu mengecek fitur lain seperti Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync.

Graphic card tertentu juga dapat meningkatkan tampilan gambar saat digunakan untuk bermain game maupun menonton video. Berikut ini panduan serta ulasan dari kami dalam memilih monitor PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Panduan Singkat Membeli Monitor PC

  • Tentukan Kebutuhan

Kebutuhan para pengguna komputer dapat berbeda-beda, namun secara umum pengguna komputer terbagi ke dalam 3 kelompok yaitu Multi Fungsi, Profesional Graphic Editor, dan Gaming.

Pengguna komputer multi fungsi dapat menggunakan monitor dengan harga murah seperti monitor yang memiliki kontras cukup tinggi dengan panel VA. Pengguna profesional graphic editor membutuhkan monitor yang memiliki resolusi serta akurasi warna yang tinggi.

Sedangkan pengguna komputer gaming membutuhkan monitor dengan response time dan refresh rate yang cepat. Sebelum memilih monitor, termasuk kategori pengguna komputer apakah Anda?

  • Resolusi

Detail gambar yang akan ditampilkan pada monitor akan semakin baik jika resolusi yang dipilih semakin tinggi. Umumnya, resolusi monitor PC saat ini mulai dari resolusi HD dengan 768p, resolusi Full HD dengan 1080p, resolusi 2K atau QHD dengan 1440p, dan resolusi UHD atau 4K dengan 2160p.

  • Refresh Rate

Refresh rate merupakan kemampuan dari monitor untuk dapat menampilkan banyak frame dalam satu detik. Jika refresh rate memiliki nilai yang semakin tinggi, maka hasil gambar yang ditampilkan akan semakin halus.

Pada jenis monitor biasa, refresh rate umumnya berkisar 60 Hz yang artinya 60 frame dalam satu detik yang dapat ditampilkan oleh monitor.

Sedangkan monitor yang digunakan pada komputer gaming umumnya memiliki refresh rate mulai dari 144 Hz.

  • Panel Monitor

Panel monitor saat ini tersedia dalam 3 jenis, yaitu panel VA (vertical alignment), panel TN (twisted nematic), dan panel IPS (In-Plane Switching). Dari ketiga jenis panel tersebut, panel TN memiliki refresh rate tinggi dan harga yang masih terjangkau, namun tidak memiliki sudut miring dan kurang akurat dalam warna.

Sedangkan panel IPS memiliki sudut miring dengan keakuratan warna yang tinggi, namun harga panel IPS jauh lebih mahal diantara ketiga jenis panel monitor. Jika Anda pengguna Multi Fungsi, Anda dapat menggunakan panel VA yang paling murah dengan kontras tinggi bahkan mengalahkan panel IPS.

  • Curved Monitor

Anda perlu tahu bahwa saat ini banyak sekali tersedia monitor dengan layar yang sedikit melengkung atau disebut curved monitor. Fungsi lengkungan pada monitor adalah untuk menyamakan penglihatan pada mata manusia. Layar yang lengkung banyak digunakan pada jenis monitor dengan ukuran besar.

Resolusi

Pada layar monitor, terdapat pixel yang mempengaruhi kerapatan dari detail gambar sehingga membuat tampilan semakin lebih baik yang disebut sebagai resolusi monitor. Jika resolusi monitor tinggi, maka tingkat kerapatan pun semakin tinggi sehingga detail yang ditampilkan semakin baik.

Saat ini, monitor yang memiliki resolusi Full HD atau 1080p sudah bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau bahkan mulai dari satu jutaan saja. Namun Anda tentu perlu juga memperhatikan graphic card bila ingin menggunakan monitor untuk komputer gaming apakah mendukung Full HD atau tidak.

Sebab, graphic card di kelas bawah kebanyakan kurang mendukung tampilan resolusi Full HD, sehingga game yang dimainkan terlihat patah-patah akibat rendahnya refresh rate.

Jika Anda seorang pemain game yang memiliki graphic card tinggi, sebaiknya pilihlah monitor dengan resolusi 144p atau QHD seperti monitor GeForce GTX 1070.

Tipe Panel Monitor PC

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa saat ini terdapat tiga jenis panel monitor yang dapat Anda beli, yaitu:

  • Panel VA (Vertical Alignment), response time lambat, harga murah, namun memiliki sudut penglihatan yang baik.
  • Panel TN (Twisted Nematic), response time cepat, harga terjangkau, namun akurasi warna tidak konsisten.
  • Panel IPS (in-Plane Switching), response time stabil, akurasi warna tinggi, namun harganya sangat mahal.

Anda dapat menemukan berbagai tipe panel monitor PC ini di toko komputer Medan terlengkap. Dengan mengetahui berbagai tipe panel monitor PC, maka Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ukuran

Jika Anda mengira bahwa ukuran monitor yang semakin besar maka gambar yang dihasilkan juga semakin bagus, maka Anda telah keliru. Sebab pemilihan ukuran untuk monitor perlu disesuaikan dengan ukuran meja komputer yang Anda miliki serta kenyamanan ketika Anda menggunakannya.

Saat ini ukuran monitor yang banyak digunakan oleh semua pengguna komputer yaitu antara 22 – 24 inch, sedangkan untuk pengguna dengan meja komputer yang luas akan menggunakan ukuran 27 inch ke atas.

Jika Anda ingin menyesuaikan dengan budget, maka Anda dapat memilih monitor berukuran 19 – 20 inch karena merupakan monitor dengan harga paling murah di pasaran, meskipun hanya memiliki resolusi HD.

Response Time

Kecepatan panel dalam mengganti tampilan warna pixel disebut juga sebagai respons time. Jika response time rendah, maka waktu untuk melakukan pergantian warna semakin cepat. Hal tersebut membuat tampilan layar memiliki bayangan atau image shadow.

Monitor panel TN memiliki response time sebesar 1 ms yang merupakan ukuran tertinggi diantara ketiga panel, untuk panel IPS berkisar 5 ms, sedangkan monitor dengan response time terendah yaitu panel VA berkisar 20 ms.

Spesifikasi response time dari pabrikan monitor umumnya menggunakan Grey to Grey atau GTG. Namun sepertinya GTG hanya sebuah gimmick marketing dimana kecepatan efektif hanya setengah dari nilai yang dimiliki oleh GTG.

Refresh Rate

Kemampuan monitor untuk menampilkan graphic card dalam hitungan frame per detik disebut juga sebagai refresh rate. Semakin tinggi nilai refresh rate, maka tampilan gambar yang dihasilkan semakin halus dan nyaman untuk dilihat.

Kebutuhan Monitor Gaming

Bermain game online pertama kali popular menggunakan personal komputer (PC) sebelum akhirnya beralih ke game mobile. Oleh karena itu, agar bermain game terasa lebih baik, Anda mungkin membutuhkan monitor khusus gaming yang memiliki refresh rate tinggi (minimal 144 Hz).

Tidak hanya itu, monitor gaming harus memiliki response time kurang dari 5 ms, dengan resolusi minimal 1080p atau Full HD.

Monitor beresolusi tinggi membutuhkan graphic card setara kelas menengah agar bekerja secara optimal dengan frame rate 60-144 fps di resolusi Full HD. Namun untuk ukuran layer monitor dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun ukuran meja, umumnya monitor gaming berukuran 22-32 inch.

×