Salah satu komponen yang cukup penting dalam sebuah komputer itu adalah PSU atau Power Supply Unit. Kegunaan dari PSU ini di komputer itu untuk mengubah tegangan AC menjadi DC yang kemudian memberikan daya ke setiap komponen di komputer. Spesifikasi PSU itu menjadi satu hal yang harus diperhatikan agar supaya Anda bisa menyesuaikan dengan komputer yang Anda gunakan.

Panduan Secara Singkat

Ada beberapa panduan singkat yang mungkin akan bisa membantu Anda dalam membeli PSU untuk komputer Anda supaya tidak salah beli. Berikut ini beberapa panduan yang mungkin bisa membantu.

  1. Kapasitas PSU

Pemilihan kapasitas PSU itu memang harus memperhatikan kebutuhan daya dari setiap komponen  yang ada di komputer. Nah sekarang ini rata-rata penggunaan listrik komputer kebanyakan itu adalah sekitar 350 Watt, akan tetapi kita tetap perlu memikirkan upgrade komputer. Oleh karena itulah harus sedia kapasitas PSU yang lebih sekitar 1,5 atau 2 kali lipat dari yang dibutuhkan saat ini.

  1. Efisiensi PSU

Memilih PSU juga harus memikirkan soal efisiensi yang memang cukup penting untuk bisa mendapatkan hasil daya yang maksimal. Pilih PSU dengan sertifikasi 80+ yang menunjukkan efisiensi pengubahan daya AC menjadi DC mencapai 80% dan sisanya menjadi panas 20%. Jadi semakin tinggi efisiensinya tentu akan semakin bagus kinerja komputernya dan pasti lebih mahal.

  1. Merek PSU

Pertimbangan yang lain yang juga harus dipikirkan itu adalah soal merek PSU, karena memang merek itu cukup menentukan. Ada merek yang memang murah, akan tetapi biasanya memiliki daya listrik yang lebih rendah termasuk efisiensinya.

Perkiraan Kapasitas PSU Yang Dibutuhkan

Berikut ini beberapa perkiraan kebutuhan daya dari setiap komponen komputer yang Anda pergunakan.

  1. Prosesor

Ada beberapa jenis prosesor memang di pasaran, namun secara umum di kelas menengah itu membutuhkan daya sekitar 65 Watt saja. Untuk generasi yang terakhir itu secara umum membutuhkan sekitar 105 Watt seperti misalnya Core i7 dan lain sebagainya.

  1. Motherboard

Motherboard itu adalah komponen yang akan menyalurkan daya kepada setiap komponen yang ada di komputer juga. Dan kemudian untuk perkiraan daya yang dibutuhkan di Motherboard itu adalah sekitar 80 Watt.

  1. RAM

Untuk komponen komputer yang paling rendah daya listriknya yakni 3 Watt. Untuk RAM DDR3 itu memiliki kebutuhan listrik yang jauh lebih sedikit dibandingkan jenis yang lainnya.

  1. Hard disk

Untuk Hard Disk sendiri memang membutuhkan daya yang cukup besar juga dari PSU, di mana daya yang dibutuhkan adalah 30 Watt. Dan bila Anda ingin menambah kapasitas Hard Disk itu memang harus memperhatikan PSU juga. Sementara untuk SSD sendiri daya yang dibutuhkan lebih kecil sekitar 10 Watt.

  1. Graphic Card

Secara umum memang Graphic Card itu memang membutuhkan daya listrik sekitar 75 sampai dengan 90 Watt. Untuk Graphic Card yang di bawah 75 Watt itu biasanya tidak perlu langsung terhubung dengan PSU. Sementara untuk Graphic Card tinggi itu biasanya membutuhkan 250 Watt dan harus terhubung langsung ke PSU.

  1. Kipas

Kipas juga merupakan komponen yang memang tidak terlalu membutuhkan daya tinggi, hanya 5 Watt saja. Sehingga ketika ingin menambahkan kipas atau bahkan lampu itu memang tidak butuh daya listrik.

Jadi apabila Anda mau hitung lagi, sebenarnya kebutuhan rata-rata daya listrik untuk komputer itu adalah sekitar 500 Watt saja. Akan tetapi Anda perlu ingat kalau PSU itu biasanya hanya bisa menghantarkan sekitar 80% saja, sehingga sebaiknya sih beli di atas 500 Watt ya. Yang paling aman sebenarnya sih sekitar 600 Watt ke atas, sudah pasti aman untuk kebutuhan semua komponen komputer Anda.

Pilihan PSU Berdasarkan Budget Untuk Memenuhi Kebutuhan

Ada beberapa pilihan PSU sebenarnya mulai dari budget sedang sampai budget yang cukup tinggi dengan beberapa spesifikasi tertentu. Anda perlu mengetahuinya untuk mencari tahu agar supaya bisa membeli yang tepat dengan nilai yang bisa memenuhi kebutuhan. Berikut ini beberapa pilihan PSU yang bisa Anda beli di pasaran saat ini maupun bisa Anda beli melalui website toko komputer Medan.

  1. 600 ribu Ke Bawah

Untuk Anda yang memiliki budget di bawah 600 ribu itu ada beberapa pilihan PSU yang memang bisa Anda dapatkan. Namun memang rata-rata kapasitas yang bisa Anda dapatkan itu di kisaran 400 sampai 500 Watt. Efisiensi yang bisa Anda dapatkan itu adalah 80+ White sampai ke bronze.

  1. Di Bawah 1 Juta

Untuk dana di bawah 1 juta itu ada beberapa pilihan yang tentunya lebih baik, dengan kapasitas di kisaran 500 Watt. Dan sudah 80+ dengan Silver atau Gold, bahkan Anda bisa mendapatkan PSU modular juga dengan dana sekian. Ada beberapa pilihan seperti Antec Neo Eco Classic 550W, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Di Atas 1 Juta

Untuk dana segini tentunya Anda akan bisa mendapatkan PSU yang berkualitas yang bisa mencapai daya kapasitasnya 1000 Watt. Sertifikasi yang bisa didapatkan itu 80+ Gold ke atas, dan sangat cocok untuk komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Workstation PC dengan Graphic Card dan juga prosesor kelas atas akan bisa terpenuhi kebutuhan dayanya dengan PSU di range harga ini.

Nilai Efisiensi PSU

Anda pun perlu memperhatikan soal nilai Efisiensi PSU, dan Anda harus ketahui mengenai arti dari nilai Efisiensi PSU itu. Nilai Efisiensi ini adalah soal nilai daya yang bisa dibuat oleh PSU dari AC ke DC untuk bisa memenuhi kebutuhan setiap komponen komputer. Nah berikut ini beberapa pilihan nilai efisiensi PSU yang ada di pasaran dan juga artinya.

  1. 80+ White

Untuk sertifikasi yang berhubungan dengan nilai efisiensi 80+ white itu efisiensi minimum sekitar 82%. Dan kebanyakan PSU yang memiliki sertifikasi ini memiliki harga sekitar 500 ribu.

  1. Bronze

Untuk sertifikasi bronze itu adalah nilainya adalah 85% dengan harga yang umumnya adalah 700 ribu.

  1. Silver

Kalau untuk sertifikasi Silver itu biasanya memiliki nilai 87% dari kapasitas yang tersedia, dan harganya umumnya 800 ribu.

  1. Gold

Kemudian ada juga sertifikasi Gold yang bisa mencapai efisiensi minimum mencapai 89% dan untuk harga PSU semacam ini umumnya 900 ribu.

  1. Platinum

Untuk sertifikasi dengan nama platinum itu memiliki mencapai minimum efisiensi sekitar 90% kapasitas PSU yang tertera. Dan harganya itu biasanya di kisaran 1,5 juta.

  1. Titanium

Terakhir yang paling tinggi adalah sertifikasi Titanium yang mencapai efisiensi sekitar 94% dari kapasitas PSU. Harganya memang paling tinggi dibandingkan dengan PSU dengan sertifikasi yang lain.

Kabel Konektor PSU

Ada dua jenis kabel konektor yakni modular dan non modular, yang modular itu kabel bisa dilepas dan non modular tidak bisa dilepas.

×