RAM adalah salah satu komponen dari komputer yang juga sangat penting, sama pentingnya seperti prosesor ataupun juga graphic card. RAM yang menampung data dan kemudian akan memproses untuk dikirimkan ke prosesor, jadi sangat mempengaruhi kinerja komputer. Ada banyak faktor dalam menentukan RAM atau membelinya, dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa tips untuk Anda.

Panduan Sederhana

Ada beberapa panduan sederhana yang harus Anda pikirkan pada saat akan membeli RAM baik untuk komputer ataupun untuk laptop. Berikut ini beberapa poin penting yang menjadi panduan dalam memilih RAM untuk dibeli.

  1. Kapasitas RAM

Tentu yang paling pertama itu adalah Anda harus memperhatikan kapasitas dari RAM tersebut, karena kapasitasnya sudah beragam. Karena ada 4 GB, kemudian 8 GB dan ada beberapa pilihan kapasitas yang lebih tinggi lagi dengan adanya perkembangan teknologi.

  1. Menggunakan Single Atau Dual Channel

RAM itu bisa dipakai secara satu channel atau juga bisa dipakai 2 channel juga, itu tergantung Motherboard yang dipakai. Karena biasanya memang slot RAM di Motherboard itu memang ada 2 channel yang bisa dipakai. Nah ada juga yang menjual RAM dalam bentuk dual Channel juga.

  1. Single Dan Double Rank

Ada 2 pilihan dalam RAM juga yakni single dan juga Double, dan istilah rank itu adalah akses ke chip di DRAM pada PCB RAM. RAM dengan single rank itu adalah pilihan yang terbaik, dan soal rank ini biasanya tertulis di bagian RAM tersebut.

  1. Kecepatan RAM

Setiap RAM juga ada kecepatannya, dan Anda harus memahami kecepatan RAM yang bisa dimanfaatkan oleh Motherboard dan prosesor. Kecepatan RAM sendiri biasanya bisa dilihat di PC untuk melihat tingkat kecepatan prosesnya itu seperti apa.

  1. Heat Sink

Ada RAM dengan Heat Sink yang akan memiliki kemampuan lebih baik untuk digunakan oleh komputer yang overclock. Biasanya memang harga RAM yang seperti itu cukup tinggi, akan tetapi Anda bisa mendapatkan dengan harga rendah untuk beberapa merek.

Kapasitas RAM

Hal yang paling sering menjadi pertimbangan saat akan membeli RAM itu adalah soal kapasitas dari RAM tersebut. Karena semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki tentunya akan membuat pemrosesan yang bisa dikerjakan di komputer itu akan semakin banyak. Dan hal itu akan bisa membuat kinerja dari performa komputer makin baik, dan komputer modern pun sekarang minimal membutuhkan RAM 4 GB.

Jika Anda menggunakan komputer yang memiliki proses yang tidak terlalu intensif, mungkin RAM 4 GB cukup, namun bila cukup intensif tentunya butuh lebih tinggi. Bila Anda bermain game sesekali, maka membutuhkan minimal 8 GB untuk kapasitas RAM. Bila Anda memiliki kinerja yang lebih besar lagi, maka sebaiknya Anda gunakan RAM di 16 GB ya.

Kecepatan RAM

Berikutnya adalah soal kecepatan, dan banyak orang yang salah mengira kalau kapasitas itu adalah kecepatan, padahal berbeda. Bila Anda membeli RAM itu biasanya di bagian box akan dijelaskan kecepatan dari factorynya berapa Hz misalnya. Nah Anda perlu perhatikan juga kecepatan dalam pembelian RAM ya, semakin cepat tentu performa komputer pun akan semakin tinggi.

Ada istilah overclock untuk mempercepat kecepatan RAM, namun memang hanya ada di Motherboard tertentu dan juga prosesor tertentu. Nah kalau tidak bisa dioverclock, maka Anda bisa membeli RAM dengan kecepatan yang tinggi namun tetap memperhatikan kemampuan Motherboard dan prosesor. Karena kalau terlalu tinggi malah tidak terbaca sisa kecepatannya dan itu akan membuang uang secara sia-sia.

Heat Sink

Dalam pembelian RAM juga perlu memperhatikan Heat Sink, ini sangat berguna untuk menyebarkan panas dari chip yang bekerja. Di sistem DDR 2 memang ada heat spreader karena clock dan tegangan yang terpasang cukup tinggi dan akan menghasilkan panas. Namun di DDR3 dan DDR4 sudah tidak perlu karena sudah berkembang di mana makin efisien, clock tinggi namun tegangan rendah jadi tidak panas.

Namun perlu diingat juga kalau Anda melakukan overclock tentunya akan meningkatkan tegangan dan akan menyebabkan panas pada chip. Oleh karena itu bila mempergunakan overclock maka sebaiknya menggunakan heat sink atau heat spreader tersebut. Namun bila tidak overclock tidak perlu menggunakannya, sehingga Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak atau bisa menggunakan aftermarket saja yang lebih murah.

Channel Memory

Pada dasarnya teknologi RAM itu memang sangat berguna untuk bisa mempercepat kecepatan dalam melakukan transfer data. Dan setelah RAM DDR2 penggunaan channel Memory yang lebih dari satu yang utama dual channel itu menjadi sebuah standar sekarang. Di mana setelah itu kebanyakan Motherboard itu memang memiliki 2 slot RAM, sehingga bisa memasukkan 2 RAM dalam satu Motherboard.

Adanya dual channel ini membuat bandwith data pada prosesor dan RAM itu jadi meningkat, jadi misalnya 64 bit akan bisa menjadi 128 bit. Dan dengan standar seperti itu pun sekarang kebanyakan penjual menjual RAM dengan konsep Kit Dual Channel. Jadi pada saat Anda membeli RAM itu Anda akan mendapatkan 2 keping RAM dengan spesifikasi yang sama persis jadi bisa dijalankan di konfigurasi 2 channel.

Penggunaan 2 channel ini sangat membutuhkan spesifikasi yang sama, karena kalau berbeda maka akan diambil yang paling rendah. Karena itulah sebaiknya saat akan upgrade dengan menambah RAM atau menggunakan 2 RAM pakai yang memiliki kecepatan yang sama. Sehingga Anda tidak akan mengalami penurunan performa karena salah memasangkan RAM.

Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips untuk membeli dual channel RAM

  1. Cek tipe RAM di Motherboard kalian, sehingga pastikan DDR yang sama dan benar dalam membeli
  2. Cek kapasitas dan kecepatan, pastikan memiliki kapasitas dan kecepatan yang sama
  3. Bila ingin upgrade RAM, pastikan Anda cek kecepatannya dan memasang yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Bila hanya beli 1 cari yang lebih tinggi, namun sebaiknya kalau beli satu pasang sekalian
  4. Beli RAM yang memiliki layanan purna jual yang cukup baik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Memory Rank

Dalam RAM itu ada Memory Rank, di mana semakin sedikit malah memiliki performa yang jauh lebih baik lho. Karena rank ini adalah chip yang terpasang di PCB RAM dan kemudian menjadi controller data dari RAM tersebut. Jadi pada single rank tentunya tidak perlu adanya penyaluran data atau saluran, sehingga akan mendapatkan performa yang jauh lebih baik.

Anda bisa membedakannya dengan mudah karena biasanya tertulis di RAM atau di box seperti misalnya 1R x 8GB, maka itu berarti single rank. Kalau channel memang semakin banyak semakin baik, namun kalau rank itu semakin sedikit performa semakin tinggi.

Anda bisa membeli berbagai model RAM pada kami yaitu Hoki Komputer sebagai toko komputer di jalan Merak Jingga, Medan sebagai pusat komputer paling lengkap.

×