Dengan kondisi perkembangan teknologi seperti sekarang, orang itu lebih tertarik mempergunakan SSD dibandingkan HDD. Akan tetapi tentunya ada beberapa hal yang memang tidak bisa sembarangan dalam membeli SSD supaya tidak salah beli. Berikut ini kami akan coba bagikan beberapa tips untuk Anda bisa membeli SSD yang memang bisa memaksimalkan kinerja komputer.

Panduan Singkat Membeli SSD

Ada beberapa panduan singkat memang dalam membeli SSD, berikut ini beberapa yang harus diperhatikan.

  1. Kapasitas

Soal kapasitas ini tentunya menjadi satu hal yang harus dipikirkan dengan sebaik mungkin agar supaya Anda bisa membeli SSD dengan kapasitas yang tepat. Kalau kurang itu bisa membuat Anda kesulitan menggunakannya, sementara kalau besar harganya jelas tinggi.

  1. Slot Konektor

Pertimbangan berikutnya adalah slot konektor itu memang harus dipikirkan karena ada SATA dan juga NVMe atau M2. Namun untuk SATA itu lebih kompatibel berbagai sistem komputer, hanya Motherboard terbaru saja yang menggunakan NVMe.

Slot Motherboard

Untuk supaya Anda bisa membeli SSD itu tentunya Anda harus mengetahui soal slot Motherboard untuk memasang SSD tersebut. Karena memang ada 2 jenis slot yang tersedia di slot Motherboard dan juga yang tersedia di SSD, slot tersebut harus benar baru bisa terpasang. Ada beberapa jenis konektor memang yakni ada SATA, M2, PCIE X4 dan masing-masing berbeda dan harus disesuaikan.

Perbedaan di beberapa jenis konektor itu salah satunya adalah soal kecepatan transfer yang berbeda, semakin tinggi semakin cepat. Selain itu dari susunan kabel pun berbeda, dibanding SATA M2 itu jauh lebih rapi, sehingga komputer terlihat jadi lebih rapi. Namun SATA sendiri lebih aman, karena kebanyakan Motherboard itu memang lebih kompatibel dengan SATA, karena konektor lain terbilang baru.

Pilihan Kapasitas SSD

Sekarang ini untuk SSD itu ada beberapa pilihan kapasitas yang bisa dipilih pada saat Anda akan membeli SSD. Namun perhitungan soal kapasitas penyimpanan SSD itu sendiri memang harus dipikirkan dengan baik dan benar supaya tidak sia-sia dalam membeli. Berikut ini kami akan informasikan soal kapasitas yang ada dan bisa Anda beli.

  1. 120-128 GB

Untuk SSD yang paling murah itu adalah 128 GB, karena memang ini juga merupakan kapasitas yang paling kecil dari semua SSD yang ada. Kalau Anda menggunakan SSD ini tentunya hanya dipakai untuk OS Windows saja, karena untuk Windows dan program-program saja biasanya sudah penuh. Karena memang baiknya tidak terlalu penuh isi SSD agar performanya tidak terganggu.

  1. 256 GB

Berikutnya ada juga kapasitas 256 yang memang sudah cukup besar, Anda sudah bisa menyimpan beberapa game di SSD ini. Dan game itu akan bisa berjalan dengan lebih lancar kalau Anda mempergunakan SSD, dan harganya pun cukup terjangkau.

  1. 512 GB

Ini adalah salah satu SSD yang memiliki kapasitas yang besar dan juga memiliki performa yang cukup tinggi. Kapasitas cukup besar untuk menyimpan banyak hal dan juga performanya lebih baik dari SSD kelas rendah.

  1. 1 TB Ke Atas

Untuk kapasitas di atas 1 TB itu biasanya digunakan untuk server, namun banyak juga gamer yang mempergunakan SSD ini. Ini kapasitas yang cukup besar dengan performa yang lebih cepat dari semua kapasitas SSD yang ada dan bisa dibeli.

Pilihan Budget

Nah sebelum Anda membeli SSD, Anda perlu mencari tahu pilihan budget yang ada untuk bisa mendapatkan SSD dengan berbagai harga. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki atau bisa mempersiapkan uang untuk mendapatkan SSD yang Anda inginkan. Berikut informasi soal pilihan budget SSD dari yang rendah sampai yang tinggi.

  1. 500 ribu

Untuk budget 500 ribu memang ada pilihan SSD yang bisa Anda beli, yakni SSD SATA dengan kapasitas sekitar 128 GB. Namun memang untuk harga sekian, kami rasa Anda tidak bisa berharap terlalu banyak mendapatkan performa yang cukup tinggi.

  1. 1 Juta

Lalu Anda bisa mendapatkan SSD dengan budget 1 juta ke bawah, bahkan ada yang sudah dengan jenis konektor M2. Anda sudah bisa mendapatkan dengan kapasitas 256 dengan harga 1 juta, akan tetapi untuk merek ternama paling hanya mendapat 128 GB saja.

  1. 2 Juta

Budget 2 juta itu Anda bisa mendapatkan berbagai macam SSD dengan kapasitas 256 GB, dan banyak gamer yang membeli SSD dengan budget sekian. Anda bisa mendapatkan SSD dengan konektor SATA maupun juga M2.

  1. 5 Juta

Bila Anda sudah menyediakan budget 5 juta, maka Anda akan bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas 1 TB yang jelas sangat luas. Anda bisa menyimpan berbagai macam file dan juga game pada SSD tersebut.

  1. 5 Juta Ke Atas

Bila pada budget sekian, kami rasa memang sudah sangat bisa mendapatkan SSD dengan kapasitas yang sangat besar dengan performa yang maksimal. Namun memang untuk penggunaan biasa, 5 juta ke atas itu sedikit berlebihan untuk bisa membeli SSD.

Tipe Flash Memory

Pada SSD itu ada beberapa tipe flash Memory yang digunakan, dan memang menjadi salah satu informasi yang harus diketahui juga. Karena ini berpengaruh pada proses dan juga ketahanan dari SSD yang akan Anda beli nantinya untuk dipasang di komputer atau laptop Anda. Dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja tipe Flash Memory yang ada dan bisa Anda pilih.

  1. Single Level Cell

Tipe ini adalah tipe yang memang memiliki harga yang memang paling tinggi atau terbilang mahal, namun ketahanan tinggi. Ketahanan tinggi itu memang menjadi bisa tercapai karena setiap 1 bit itu tersimpan dalam hanya 1 cell saja. Performa dengan tipe Singlet Level Cell sangat baik, dan hanya perusahaan besar saja yang menggunakan tipe ini.

  1. Multi Level Cell

Berikutnya ada tipe multi level Cell yang masih cukup baik, akan tetapi memiliki performa yang lebih rendah dibanding SLC. Namun karena memiliki harga yang jauh lebih murah, sehingga banyak juga digunakan oleh perusahaan untuk menjadi server.

  1. Triple Level Cell

Terakhir adalah Triple Level Cell yang memiliki harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan tipe yang lainnya. Namun memang benar kalau ketahanannya itu memang cukup jauh dengan beberapa tipe flash Memory yang lainnya. Namun tidak perlu khawatir karena penggunaan komputer biasa masih cukup aman untuk menggunakan SSD dengan tipe yang seperti ini.

Salah satu tips yang memang cukup aman untuk membeli SSD itu adalah memilih SSD dengan merek yang direkomendasikan oleh orang yang review. Perbandingkan juga antara merek yang satu dengan yang lainnya, sehingga Anda akan mendapatkan SSD yang terbaik untuk komputer Anda.

Anda bisa membeli SSD baik untuk laptop maupun komputer Anda di toko komputer Medan terpercaya yang telah melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia juga.

×