Tips Memilih Hardware Komputer untuk PC Rakitan

Pernah terpikir untuk merakit dan memodifikasi komputer sendiri? Anda bisa melakukan perakitan komputer dari awal, dari mulai membeli bahan dan komponennya kemudian merakitnya sendiri hingga berbentuk komputer sesuai impian Anda.

Pastikan Anda ikuti setiap tips dan panduan merakit komputer yang akan Kita bagikan dalam artikel berikut.

Sebelumnya, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu spesifikasi komputer yang Anda butuhkan. Hal ini sangat penting karena harus disesuaikan dengan besaran budget yang Anda miliki untuk merakit sebuah komputer.

Salah satu keuntungan dari melakukan perakitan komputer sendiri adalah Anda bisa memilih untuk membuat komputer yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Seperti untuk kebutuhan administrasi atau sekedar berseluncur di dunia maya, bermain game atau khusus untuk kebutuhan pekerjaan di bidang grafis.

Dalam proses perakitan, salah satu hal yang paling membutuhkan waktu dan tenaga adalah untuk memilih komponen komputer rakitan yang tepat. Apalagi jika Anda tak tertarik untuk membeli komputer rakitan yang saat ini banyak dijual di berbagai toko baik offline maupun online.

Usahakan Anda mendapatkan produk komponen komputer rakitan yang memiliki fungsi baik, ada jaminan garansi, sesuai spesifikasi yang Anda butuhkan sekaligus sesuai dengan kapasitas budget yang dipersiapkan.

Komponen Hardware Utama

Untuk Anda yang ingin melakukan perakitan komputer secara bertahap, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu manakah komponen yang paling penting keberadaannya.

Berikut ini adalah daftar komponen komputer yang utama dalam perakitan komputer.

  1. Motherboard
  2. CPU
  3. RAM
  4. Power Supply
  5. SSD atau Hard Disk
  6. VGA card
  7. Monitor
  8. Casing komputer
  9. Keyboard dan mouse
  10. Aksesoris komputer pendukung lainnya

Motherboard, CPU dan RAM

Untuk poin nomor 1 sampai 3, merupakan komponen hardware komputer yang terbilang penting keberadaannya.

  • Pilih motherboard

Apabila Anda memiliki budget yang terbatas dan masih memiliki banyak pertimbangan untuk membeli komponen hardware komputer, sebaiknya utamakan untuk membeli motherboard terlebih dahulu.

Nah dalam membeli motherboard ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah membeli motherboard yang memiliki kualitas bagus serta memiliki kapasitas jumlah slot yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan komputer nantinya.

Hal penting yang kedua adalah pastikan membeli motherboard yang memiliki socket yang sesuai untuk CPU Anda.

Pastikan komponen hardware komputer rakitan yang Anda beli secara terpisah tersebut memiliki kecocokan atau daya dukung sehingga lancar untuk digunakan.

Pembelian RAM juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan komputer Anda nantinya. Misalnya saja untuk saat ini Anda hanya memiliki budget untuk membeli hardware RAM sebesar 4GB saja maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih motherboard yang memiliki kapasitas 2 atau 4 slot RAM di dalamnya.

Sehingga setelah nantinya Anda memiliki dana lagi, Anda bisa menambah kembali kapasitas RAM sesuai kebutuhan.

Jangan lupa untuk mengecek kapasitas maksimal dari motherboard yang Anda beli. Karena berapa jumlah kapasitas RAM yang bisa ditanamkan dalam motherboard tergantung dari spesifikasi yang dimiliki oleh motherboard tersebut.

  • Pilih processor atau CPU

Dalam memilih hardware CPU, pertimbangannya bukan hanya memilih CPU yang bertenaga saja namun juga memiliki slot yang memadai pada motherboard yang dipilih.

Jenis CPU yang bisa dipilih ada 2 macam. Yang pertama adalah CPU dengan spesifikasi VGA atau GPU terintegrasi dan jenis kedua adalah CPU dengan spesifikasi VGA dedicated atau yang terpisah. Konsultasikan dengan penjual komponen komputer untuk memilih yang sesuai kebutuhan Anda.

Kemudian hal penting kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih CPU adalah melihat spesifikasi fisik diantaranya dengan melihat jumlah dan kecepatan per core yang dimilikinya.

Inilah pentingnya melakukan konsultasi terkait pembelian hardware komputer karena berkaitan erat dengan performa dan spesifikasi komputer sesuai kebutuhan atau tidak.

Dan agar supaya kualitas produk CPU bisa awet dan bertahan lama maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli produk aksesoris pendukung seperti kipas CPU dan thermal paste sehingga kondisi CPU tidak mudah panas dan lebih dingin atau stabil suhunya.

  • Pilih RAM

Untuk memilih hardware RAM, Anda bisa memilihnya dengan melihat paling tidak 3 hal. Yang pertama adalah pilih RAM dengan kapasitas minimal 8 GB, usahakan memilih click speed RAM yang didukung oleh motherboard dan sesuaikan jumlah serta kecepatan RAM dengan kebutuhan penggunaan komputer.

Harddisk, Power Supply, VGA Card dan Monitor

  • Pilih Harddisk

Untuk harddisk Anda bisa memilih tipe HDD atau SDD. Namun menurut pengalaman, SDD memiliki performa yang lebih cepat meski tingkat daya tahannya masih di bawah kualitas HDD.

  • Pilih Power Supply

Dalam sebuah komputer, power supply menjadi sumber kehidupan yang utama. Untuk itu sebaiknya pilih power supply yang berkualitas agar supaya bisa mengalirkan listrik yang baik pada seluruh komponen dalam komputer yang dampaknya adalah pada keawetan hardware dan komponen komputer Anda.

Jika Anda mengoperasikan komputer di listrik yang memiliki tegangan kurang stabil sebaiknya lengkapi penggunaan komputer dengan UPS dan volt stabilizer.

  • Pilih VGA card

Untuk memilih komponen VGA card, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

– Beli VGA card dengan kualitas yang sama dengan prosesor yang Anda pakai

– Cek kesesuaian VGA card dengan resolusi monitor yang digunakan

– Pilih VGA card dengan melihat kapasitas refresh rate monitor

– Cek apakah ruang casing memadai untuk VGA card tersebut

– Pastikan komputer memiliki daya yang cukup untuk mengangkat VGA card yang dipakai

– Beli kartu VGA kualitas terbaik satu ketimbang beli dua namun kualitas buruk

– Pantau performa kartu VGA dengan melihat bagaimana kualitasnya bukan tampilan overclocknya

– Pertimbangkan jumlah memori yang ada pada VGA card

Kemudian yang tak kalah penting dari memilih hardware untuk komputer adalah memilih perangkat monitor. Karena monitor juga yang menentukan kenyamanan dalam menggunakan komputer.

Tampilan layar akan nyaman dan lembut ketika Anda bisa memilih kartu VGA yang tepat. Lalu bagaimana dengan pemilihan casing untuk komponen komputer yang Anda rakit?

Hal ini tentu saja menjadi satu hal penting karena casing berfungsi untuk melindungi komponen komputer, mendukung pengaturan kabel yang baik, mengatur penyebaran panas dan mendukung kebutuhan pendinginan komputer yang diperlukan.

Ukuran casing terdiri dari full tower, mid tower hingga mini tower.

Untuk kebutuhan aksesoris pendukung komputer lainnya, saat ini mayoritas sudah menggunakan model USB. Jadi apapun aksesoris yang akan Anda gunakan nanti, sebaiknya pastikan ada slot USB tambahan yang terdapat di motherboard sehingga sesuai kebutuhan Anda ke depannya.

Untuk seluruh keperluan hardware diatas, saat ini Anda sudah bisa belanja secara online di HokiKomputer.com – Toko Komputer Medan yang menyediakan hardware dan aksesoris komputer terlengkap dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia.

×