Semakin bervariasinya jenis game membuat banyak sekali gamers dengan segudang prestasinya dalam tiap permainan. Berbeda dengan jaman dahulu, saat ini permainan dari gamers profesional dapat disaksikan oleh semua orang melalui bantuan streaming. Banyak nama-nama gamers yang menjadi terkenal karena aktivitas bermain gamenya yang selalu ditayangkan langsung sehingga banyak yang tertarik mencari tahu cara melakukan streaming.

Bagi Anda yang ingin unjuk skill bermain game agar nama Anda menjadi dikenal oleh lebih banyak orang juga sangat bisa dilakukan. Caranya dengan memanfaatkan layanan streaming tersedia seperti Youtube, Twitch, dan Mixer. Sementara yang harus dipersiapkan ketika hendak streaming bermain game di antaranya hardware, software, aksesoris, dan aplikasi game.

Pada dasarnya streaming game online tidaklah hanya sekedar memamerkan skill saja, tetapi juga sebagai ajang untuk memupuk kebersamaan di antara sesama penikmat permainan yang sama. Bahkan layanan streaming Twitch sudah mampu menarik penonton mencapai 15 juta per harinya untuk menyaksikan turnamen game, sesi solo, hingga permainan game sehari-hari.

Dalam streaming tersebut, orang-orang dapat berkumpul dalam jaringan online dan membicarakan berbagai hal. Melalui hal ini bukan tidak mungkin selain Anda memiliki komunitas dan ketenaran, siapa sangka jika bisa dijadikan ajang mencari uang juga. Bagaimana tertarik bukan ingin tahu cara melakukan streaming yang benar?

Agar tujuan Anda lebih mudah tercapai melalui layanan streaming, baiknya aktif dalam berkomunikasi dengan para pengikut dan penonton, meskipun jumlahnya sedikit. Selain itu, Anda perlu untuk menyesuaikan jadwal agar penonton dapat tetap terlibat melalui konsistensi penayangan live streaming. Pilihlah hari dan waktu tertentu dalam seminggu untuk membantu penonton mengetahui timing Anda melakukan live streaming.

Anda pun sudah harus menentukan di awal akan menjadi tipe streamer yang seperti apa, apakah yang diam, banyak berkomentar, atau hanya fokus bermain game. Sesuaikan segala perencanaan termasuk konten yang akan ditayangkan dengan karakter Anda sendiri agar tidak kesulitan.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam melakukan live streaming bermain game. Artikel kali ini akan menjabarkan lebih lanjut mengenai apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak memulainya. Perencanaan dan persiapan penting untuk menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. Yuk simak terus artikel ini sampai selesai dan berikut ulasan cara melakukan streaming.

Mempersiapkan Hardware Untuk Mendukung Streaming

Hardware yang harus Anda persiapkan untuk bermain game paling tidak memiliki CPU Core i4 serta memerlukan CPU dual core untuk proses streamingnya. Namun untuk mendapatkan hasil streaming yang lebih baik maka sebaiknya menggunakan prosesor Intel Core i7 yang didukung dengan kapasitas RAM minimal 8 GB. Hal tersebut untuk mendukung kelancaran proses streaming yang dilakukan secara bersamaan dengan bermain game.

Anda ingin proses streaming yang lebih halus lagi? Maka prosesor Intel Core i9 menjadi pilihan utama. Bagi Anda yang gemar merakit komputer, bisa saja merakit sendiri dengan budget yang lebih kecil. Atau bahkan dapat menggunakan PC ganda yang digunakan untuk bermain game sementara lainnya untuk streaming.

Mempersiapkan Software Untuk Melancarkan Streaming

Software yang harus dipersiapkan sebelum mulai mendownload software streaming yaitu software untuk menguji kecepatan jaringan internet seperti Speedtest.net. Software ini akan membantu Anda untuk mengetahui kecepatan dalam mengunggah dan mengunduh dalam angka. Apabila sudah melakukan tes kecepatan maka selanjutnya mengatur resolusi dan mendasarkan frame rate berdasarkan angka kecepatan yang sudah diuji.

Gunakanlah Mbps untuk dikonversikan ke dalam Kbps sebagai acuan silang dengan sumber daya yaitu diagram konversi Mixer dan Twitch yang berguna. Bagan tersebut nantinya akan memandu proses streaming yang menyesuaikan dengan pengaturan yang sudah disetel sebelumnya. Apabila Anda melakukan streaming game dengan aksi cepat maka membutuhkan bitrate tinggi daripada game biasa.

Tidak masalah jika Anda tidak langsung bisa menemukan pengaturan yang tepat ketika bermain game, karena Anda dapat mengaturnya ulang setiap kali Anda memulai streaming. Bahkan Anda pun dapat mengubah parameternya berdasarkan jenis game yang dimainkan. Sebagai contoh, game FPS membutuhkan pergerakan lebih cepat daripada game kartu online sehingga Anda dapat mengurangi bitrate sembari mengurangi resolusi misalnya di angka 1920×1080 ke 1609×900.

Setelah itu, download pula suite streaming seperti OBS yang lebih mudah dilakukan oleh pemain pemula. Software ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti live studio video yang memungkinkan adanya transisi siap pakai. Sehingga Anda dapat menyesuaikan setiap adegan yang ingin ditampilkan sekaligus menetapkan setelan untuk setiap konten streaming berbeda.

Namun apabila dirasa cukup berat, sementara yang Anda inginkan hanyalah untuk melakukan streaming saja. Maka dapat mengunduh Easy Streaming Wizard milik Intel yang dapat mengatur OBS dengan adegan stok. Selanjutnya secara otomatis dapat langsung konfigurasi pengaturan hardware yang didasarkan dari kapasitas CPU.

OBS menjadi software yang paling berguna soal kualitas streaming yang memanfaatkan kekuatan dari CPU PC Anda. Caranya sangat mudah yaitu dengan memilih menu pengaturan Advanced dari pilihan menu tarik – turun Output mode. Selanjutnya gunakanlah sumber daya dari layanan streaming yang sedang Adna mainkan.

Namun sebenarnya OBS bukanlah satu-satunya software suite streaming yang ada, banyak juga yang memilih menggunakan SLOBS atau Streamlabs OBS. Hal tersebut dikarenakan mudahnya proses dan akses ke dalam fitur semacam notifikasi sembul yang tidak ditawarkan bawaan OBS. Namun SLOBS tidak mempunyai mode studio seperti yang dimiliki OBS.

Penggunaan Aksesoris Pendukung Streaming

Cara melakukan streaming yang tepat berikutnya adalah memperhatikan aksesoris pendukung streaming. Apabila Anda benar-benar ingin kualitas streaming yang baik maka Anda dapat mempertimbangkan penggunaan webcam eksternal seperti merek Logitech HD Pro Webcam C920 atau Razer Kiyo. Meskipun Anda melakukan streaming menggunakan laptop pun dengan bawaan kamera namun menggunakan webcam eksternal akan membuat frame rate lebih tinggi. Hal ini untuk menghindari gambar yang tampak tersendat-sendat saat streaming sedang berjalan

Namun apabila Anda menginginkan streaming dengan video yang sangat jelas maka gunakanlah kamera seperti merek Logitech 4K Pro Webcam yang memiliki dukungan 4K streaming high definition. Atau bahkan bisa juga menggunakan kamera DSLR Canon EOS 5 D Mark IV. Gunakan pula pencahayaan yang baik untuk memaksimalkan kualitas gambarnya.

Selain itu, agar Anda lebih terhubung dengan penonton maka memerlukan input audio agar suara Anda dapat terdengar jernih. Banyak streamer yang memilih untuk menggunakan audio yang layak seperti Razer Seiren X dan Blue Yeti. Bahkan mereka juga menggunakan headset game yang berkualitas dilengkapi dengan integarasi microfon seperti Antulion ModMic 5 dan Astro A40 TR yang memiliki mixer sendiri.

Microfon tersebut memiliki cara tersendiri dalam mengambil suara. Misalnya apabila Anda menggunakan microfon dengan dudukan maka cocok digunakan apabila Anda berada posisi duduk santai. Sementara untuk microfon yang terintegrasi langsung dengan headset maka menjadi pilihan terbaik untuk gamers yang terlalu banyak gerak.

Apabila Anda ingin memaksimalkan proses streaming baik untuk menambah teman, unjuk kemampuan hingga mencari uang. Sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan usaha penuh dalam hal persiapan, agar menghasilkan kualitas streaming yang tinggi dengan dukungan perangkat performa tinggi. Itulah tadi beberapa cara melakukan streaming yang benar.

×